Iklan


Iklan

Mahasiswa KKN UMMAT di Desa Sai Gelar Seminar Pencegahan Narkoba dan Pernikahan Dini

Editor
4/06/21, 15:41 WIB Last Updated 2021-04-06T10:46:02Z
Foto : Dok. Istimewa.


Bima,Taroainfo.Com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-DIK) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) bersama SDN Sai dan SMKN 2 Soromandi Gelar Seminar Pencegahan Narkoba dan pernikahan dini, Minggu (4/4/2021). Kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjauhi narkoba dan pernikahan dini.


Hadir sebagai Narasumber dalam seminar  tersebut yaitu Sekertaris Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan anak (DPPA) Kabupaten Bima, Husni S.Sos.i dan Kepala Kepolisian subsektor Soromandi, Ipda Zulkifli.


Ketua Tim KKN DIK Gabungan SDN Sai dan SMKN 2 Desa Soromandi, Afrizal Menjelaskan, Seminar tersebut bertemakan "Perangi Narkoba dan Stop Pernikahan Dini di Desa Sai Demi Terbentuknya Generasi Bangsa yang Gemilang" dan merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. sesungguhnya generasi merupakan aset dan harta termahal yang harus di jaga oleh seluruh lapisan masyarakat. 


"Generasi juga merupakan tulang punggung negara dan calon pemimpin masa depan. maka harapan besar generasi menjauhi narkoba dan harus lanjutkan pendidikan yang berjenjang agar biasa berkarir di berbagai bidang baik pendidikan, politik, hukum dan lain-lain,"jelas Afrizal pada media ini, Selasa (6/4/2021).


Afrizal mengatakan, Dalam seminar pencegahan narkoba dan pernikahan dini di desa sai, mahasiswa KKN-DIK tidak punya tanggung jawab academis untuk menyenggrakan agenda tersebut. baik beban vinensial maupun moral karena dalam kurikulum dan aturan KKN-DIK di FKIP UMMAT hanya menyelenggrakan kegiatan di sekolah saja, bahkan nilai sepenuhnya berada di sekolah yang menjadi tempat kuliah kerja nyata dan pendidikan.


"Namun Mahasiwa KKN-DIK memiliki inisiatif dan menyadari bahwa tanggung jawab sebagai mahasiswa dan hasil pendidikan kampus, pengalaman di tanah rantauan serta menyadari ilmu yang bermanfaat harus di edukasi di masyarakat akar rumput,"katanya.


Dia menjelaskan, seminar tersebut merupakan Dakwah amal makruf nahir mungkar moderen yang harus dilakukan. Karena seminar ini juga di rangkaikan dengan panampilan tarian dari Siswa SDN sai dan siswa SMKN 2 soromandi yang merupakan hasil dari didikan tim KKN-DIK kurang lebih waktu 2 pekan ini.


Dikatakan pula, Partisipasi masyarakat deaa sai begitu luar biasa dalam menyukseskan agenda seminar narkoba dan pernikahan dini. Semoga melalui agenda ini, semua elemen Dapat mengambil bagian penting dalam merawat dan menjaga diri masing-masing serta generasi yang ada di desa sai.


Diakui Afrizal, Sesungguhnya proses untuk mencegah narkoba tidak bisa dilakukan satu sisi. Namun membutuhkan gandengan tangan dari berbagai kalangan untuk menghentikan atau mengurangi pemakaian narkoba.


"Terimakasih yang sebesar-besarnya, saya sampaikan Kepala Desa Sai Amirudin, S.H, Ketua BPD Muhammad Ikbal, S.Pd, DPRD Dapil 3 Kabupaten Bima Ramdin, SH dan umumnya masyarakat Desa Sai yang telah mendukung, mengorbangkan moral maupun moril dalam menyukseskan agenda ini,"ucapnnya.


Sementara itu, Sekretaris DPPA kabupaten Bima dan Kepala Kepolisian subsektor soromandi, dalam poin penyampaiannya mendukung penuh Seminar yang digelar oleh Mahasiswa KKN UMMAT di Desa Sai. (TR-02).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa KKN UMMAT di Desa Sai Gelar Seminar Pencegahan Narkoba dan Pernikahan Dini

Terkini

Topik Populer

Iklan