Iklan

Iklan

Sambut Pergantian Tahun, Lembaga Adat Desa Kole Gelar Tausyiah dan Dzikir Akbar

Editor
1/01/24, 08:52 WIB Last Updated 2024-01-01T04:57:46Z
Dzikir dan Do'a di Aula Gedung Serbaguna Desa Kole

BIMA, TAROAINFO.com - Menyambut pergantian Tahun 2023-2024 Pengurus Lembaga Adat Desa Kole bersama pemerintah desa menggelar Tausiyah dan Dzikir Akbar.


Pantauan taroainfo, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu, 31/12/23) malam, yang dipusatkan di Aula Gedung Serbaguna Desa Kole dihadiri seluruh masyarakat Desa Kole Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima.

Puluhan Jemaah saat Dzikir di Aula Gedung Serbaguna Desa Kole, Minggu, 31/12/23) malam.


Hadir ditengah acara tersebut Al- Ust Abdul Rahman S.Ag., M.Pdi. yang sekaligus menyampaikan tausiahnya. Dalam ceramahnya Al- Ust Abdul Rahman membahas tentang bagaimana seharusnya umat muslim menyikapi malam pergantian tahun, yaitu dengan berbenah dan refleksi diri.


"Pergantian tahun berarti umur kita semakin berkurang, oleh karena itu kita harus refleksi apa saja yang telah kita perbuat di tahun ini dan bagaimana agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun berikutnya" kata Ustad Abdul Rahman dalam tausiyahnya.


Ketua Lembaga Adat Desa Kole, A. Rasyid H.Salim dalam sambutanya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut pergantian tahun dan juga sebagai ungkapan syukur kita semua.


"Pelaksanaan Dzikir ini memiliki makna yakni sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa rejeki, umur yang panjang, kesehatan dan kekuatan untuk senantiasa menjalani kehidupan. Selain itu juga kegiatan ini digelar untuk memeriahkan pergantian tahun yang dilakukan dengan cara hal-hal yang positif termasuk dengan mendekatkan diri kepada sang maha kuasa,” ungkap tokoh Adat di desa kole.


A. Rasyid juga berpesan dalam pelaksanaan ini, dirinya berharap dengan tahun berganti, dapat Mewujudkan Semangat Warga Desa Kole Untuk Musabah Demi Menjadi Insan Yang Islami, "agar tercipta kedamaian dalam menunjang kelancaran program pembangunan yang ada di Desa Kole.


"Saya dan Masyarakat pun berharap do’a dan harapan yang kita panjatkan seusai pelaksanaan dzikir ini, dapat teramini. Termasuk permohonan dalam pemberian kesehatan, kesabaran dan kekuatan serta ketaatan dalam memasuki tahun 2024," tuturnya.


Hal senada diungkapkan Kepala Desa Kole Asdin SE, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada lembaga adat desa Kole yang sudah sukses menggelar kegiatan yang luar biasa ini. Dengan pelaksanaan Dzikir diakhir tahun seperti ini merupakan hal yang positif, mengingat perayaan diakhir tahun biasanya digelar dengan kegiatan heforia yang sifatnya menuju arah yang merugikan.


"Menyambut pergantian tahun dengan acara keagamaan memang sudah seharusnya kita lakukan, saya meyakini bahwa ini yang terbaik karena kegiatan ini positif. Dengan dzikir dan sholawat bersama ini kita berharap Allah memberkahi kehidupan kita serta mendapat ridho dan syafaat dari Rasulullah kelak. Karena pergantian tahun ini menandakan pula kita semakin dekat dengan hari akhir hayat kita," ucap Asdin dalam sambutannya.


Selain mensyukuri nikmat di akhir tahun, Asdin juga menegaskan bahwa momen ini juga sebagai muhasabah, merenungi apa saja yang sudah kita lakukan sepanjang tahun. Ia berharap semoga di tahun 2024 nanti, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Mengawali tahun 2024 akan semakin meningkatkan kinerja serta sinergi antar pemdes kole dan masyarakat, "Tentunya kita harus menjadi team yang baik di tahun 2024," katanya mengakhiri.



***..





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sambut Pergantian Tahun, Lembaga Adat Desa Kole Gelar Tausyiah dan Dzikir Akbar

Terkini

Topik Populer

Iklan