Iklan

Iklan

Awasi Pemilu, Bawaslu Kota Bima Butuh Peran Media Massa | Taroainfo

Editor
3/02/23, 09:03 WIB Last Updated 2023-03-02T01:03:59Z

 



KOTA BIMA, TAROAINFO.com - Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Rabu (01/03/2023) Siang menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Media Massa. 

Kegiatan Tersebut Berlangsung di Surf Cafe Kota Bima dihadiri loleh komisioner Bawaslu  Ketua PWI Kota Bima, Serta awak Media. 

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Bima Asrul Sani menyampaikan pengawasan pemilu merupakan bentuk tanggung jawab Bawaslu Kota Bima sebagai pengawas pelanggaran pemilu. 

Dikatakannya, Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Media Massa ini penting dilakukan, lebih - lebih perpanjangan informasi ke masyarakat. 

"Semua tahapan pemilu merupakan kewajiban Bawaslu untuk mengawasi prosesnya," terangnya.

Asrul berharap agar peran media dalam menyampaikan informasi ke masyarakat bisa dirasakan manfaatnya.

Disampaikannya pula bahwa, Bawaslu kota Bima tahun 2023 telah membuat kerjasama sama dengan Universitas Muhammadiyah Bima, dan Universitas Mbojo Bima dalam mengawasi pemilu.

"Kita tidak mungkin mengandalkan pengawas pemilu ini di Bawaslu, jadi untuk ini pengawasan pemilu diharapkan secara menyeluruh oleh lapisan masyarakat juga," ujarnya.

Lanjut Asrul, vBawaslu Juga telah bentuk posko keliling, sasarannya di rawan potensi pelanggaran, semisal tidak tercatat sebagai pemilih, dan wilayah perbatasan antara daerah lain. 

Kemudian di daerah pemekaran, di wilayah relokasi banjir, ini menjadi bagian titik kawal, jangan sampai ada pemilih yang tidak terdata. 

Diharoanya pula agar nantinya pada tahap selanjutnya akan rentan sekali berita - berita Hoax, isu - isu suara, dan Politik Identitas. Dan dirinya yakin Media massa memiliki niat untuk bekerja sama yang bisa melaporkan Terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu. 

*Red*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Awasi Pemilu, Bawaslu Kota Bima Butuh Peran Media Massa | Taroainfo

Terkini

Topik Populer

Iklan