Iklan

Iklan

IN RIDE FOUNDATION Buka Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda

Editor
10/21/23, 21:17 WIB Last Updated 2023-10-21T14:51:13Z
Foto: Dok/Istimewa.

MATARAM, TAROAINFO. COM. - IN RIDE FOUNDATION (Institute For Research And Development), membuka pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda berkerjasama dengan Deputi II Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) Republik Indonesia di Fave Hotel, Kota Mataram, Sabtu (21/10/2024). 


Turut hadir menjadi peserta dalam pelatihan, yaitu perwakilan dari OKP Nasional maupun daerah. Ada dari PMII, BEM UNU NTB, IMBI Mataram, FM Lobar, IMBD, IMBD UNU NTB dan IMBI. 


Dalam sambutannya, Ketua Panitia Herman Jayadi, SE., MM mengatakan, pemuda hari ini membutuhkan nutrisi - nutrisi tentang kepemudaan dan kepeloporan agar pemuda yang ada di NTB mampu menyiapkan diri menjadi pemimpin dimasa depan. 


"Kegiatan ini sangat penting untuk kita ikuti khususnya para peserta sebagai nutrisi keilmuan tentang kepemimpinan, Kemandirian, organisasi dan manajemen organisasi. Sehingga materi-materi yang disampaikan oleh pemateri kita bisa belajar bagaimana menejemen dan kegiatan organisasi,"terangnya.


Herman berharap pemuda tidak hanya berkompetisi di tingkat provinsi dan daerah. Tentunya organisasi yang ada di NTB, baik itu OKP tingkat kepemudaan dan kemahasiswaan menjadi tempat untuk menciptakan kader dan pemuda yang berprestasi hingga tingkat internasional. 


"Meskipun banyak organisasi di NTB yang tidak memiliki anggran dari negara, akan tetapi mereka lebih memiliki motivasi untuk menjadi pemuda berprestasi dan mesti kita berikan apresiasi,"tandas Herman. 


Direktur IN RIDE FOUNDATION, Agus Dedi Putrawan, M.Si menjelaskan, pada tahun 2035 Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Kalau tidak di manajemen akan menjadi air bah atau sunami. 


"Artinya ini harus di manajemen dengan baik karena negara-negara lain sudah mengusai semuanya terlebih tanah dan air. Sedangkan kita masih berdiam diri. Padahal di tahun 2045 kita memproyeksikan Indonesia menjadi Indonesia emas,"lanjutnya.


Menurutnya bonus demografi 2035 nanti kita akan menjadi generasi sandwich. "Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka kita akan menghidupi orang tua, adik dan keluarga kita yang sudah kehilangan tenaga, waktu dan sebagainya. Karena itu, pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda ini menjadi step awal untuk pengenalan manajemen,"pungkasnya.


Sementara Deputi II diwakili Asisten Bidang Kepemimpinan Pemuda KEMENPORA RI, Subroto, Ak.,MM hadir memberikan sambutan melalui via zoom. Dalam pemaparannya, ia memberikan apresiasi atas dilaksanakannya pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda oleh IN RIDE FOUNDATION dalam rangka memberikan pembeberan untuk peningkatan kualitas pemuda. 


"Kenapa ini kami lakukan, karena ini sudah menjadi keseriusan pemerintah di era Presiden Joko widodo melalui pada periode kedua hingga saat ini. Kita juga berharap kepemimpinan berikutnya memiliki komitmen yang sama berkaitan peningkatan kualitas pemuda, daya saing dan karakter pemuda,"jelas dia. 


Dia berharap Indonesia kedepannya mampu menguasai dunia dari berbagai aspek, baik aspek pembangunan, ekonomi, kepemimpinan, teknologi dan penguasaan digitalisasi lainnya. 


"Semoga para peserta bisa menerima pengetahuan walaupun sudah ada dari kegiatan - kegiatan lain. Tapi minimal ada pembelajaran, bahwa ditangan kalian pemudalah nasib Indonesia kedepan,"Tutupnya. 


Adapun pemateri dalam pelatihan tersebut Kadispora NTB diwakili Kabid Pemuda H. Muhtadi Hairi, Deputi II KEMENPORA RI diwakili Asisten Bidang Kepemimpinan Pemuda Subroto, Ak.,MM, Pengusaha Muda Agus Saputra, S.Ei, Ketua KONI NTB H. Mori Hanafi, SE.,M.com, Ketua DPD I KNPI NTB diwakili Sekjend Bung Edy dan Dekan FDIK UIN Mataram Dr. M. Saleh Ending, MA. 


Usai pemaparan materi-materi dan pemberian cendera mata kepada pemateri. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta dan pemateri. (TI-02).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IN RIDE FOUNDATION Buka Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda

Terkini

Topik Populer

Iklan