Iklan

Iklan

RSUD Sumbawa, Sukses Gelar Rusa CUP 2023 | taroainfo

Editor
3/01/23, 06:56 WIB Last Updated 2023-02-28T23:56:34Z


SUMBAWA, TAROAINFO.com - Rusa Cup 2023 merupakan salah satu upaya RSUD Sumbawa mengenalkan fisioterapi dan tatacara penanganan cedera pada olahraga sepak bola maupun futsal.


Fisioterapi merupakan sebuah proses rehabilitasi yang dilakukan agar terhindar dari risiko cacat fisik akibat cedera atau penyakit. Terapi ini memiliki manfaat untuk meningkatkan gerakan, mengurangi rasa sakit dan kekakuan, mempercepat proses penyembuhan, dan dapat meningkatkan kualitas hidup.


Ketua Panitia Rusa Cup 2023, dr.  H. Yogi Pratama Mustaram, MMR. menjelaskan terapi ini biasanya dilakukan dengan cara latihan fisik, terapi manual, serta pemberian edukasi dan saran pengobatan.


“Alhamdullah, kami telah sukses menggelar kegiatan pertandingan futsal yang dilaksanakan lebih dari satu bulan di Galaxy Futsal,"sambungnya.


Tujuan dari fisioterapi adalah untuk mengembalikan fungsi tubuh dan gerakannya setelah mengalami cedera atau terkena penyakit tertentu. Apabila mengalami cedera atau penyakit permanen, terapi ini dilakukan untuk mengurangi dampaknya.


“Terapi ini biasanya dilakukan untuk beberapa masalah medis seperti cedera sendi, radang sendi (arthritis), osteoporosis, sindrom carpal tunnel, masalah pada punggung dan fleksibilitas, sulit menahan buang air (inkontinensia), sakit pada leher, kepala, hingga gangguan muskuloskeletal dan multiple sclerosis,”ungkap dr Yogi.


Masalah cedera persendian ini kerap kali muncul pada olah raga sepak bola atau futsal sehingga pemain maupun oficial tim perlu memahami penanganan awal hal tersebut.


Turnamen Futsal Rusa Cup 2023 Ini, untuk kategori instansi dan umum dengan sistem group two play diikuti 81 tim yang memperebutkan pool prize belasan juta rupiah dan tropy.


“Pada pembukaan Rusa Cup 2023 dilaksanakan donor darah dan konsultasi kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis dan fisiotrapi.  Guna mensukseskan program gerakan masyarakat sehat atau germas dan memberikan pelayanan kesehatan tidak hanya di dalam gedung,"tambahnya.


Kegiatan ini juga digelar dalam rangka memeriahkan Hut Kabupaten Sumbawa yang ke- 64 dan membangun silahturahmi antar instansi maupun umum. 


“Yang keluar sebagai juara pada kategori intansi adalah Bank NTB sebagai juara satu, BPN Sumbawa sebagai jauara dua, dan SPBU Budijaya sebagai jauara tiga. Kemudian yang juara pada kategori umum adalah Cascado FC sebagai juara satu, Bensol A sebagai juara dua dan Bensol D sebagai juara tiga. Sementara Topscore adalah Dede Rahmadi dari Bank NTB dan Best Player adalah Didin dari Cascado FC. Kemudian untuk  kategori Futsal Women juara satu adalah Queen PFM NELA Dompu,  dikikuti oleh BENSOL FC sebagai juara dua dan RUSA Angel FC sebagai juara tiga serta  Top Score adalah sundari dari Queen PFM Nela,"pungkasnya.



*RED*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RSUD Sumbawa, Sukses Gelar Rusa CUP 2023 | taroainfo

Terkini

Iklan