Iklan


Iklan

Launching Car Free Day, Walikota HML Harap Ini Peluang untuk Menumbuhkan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM | Taroainfo

Editor
10/02/22, 16:22 WIB Last Updated 2022-10-02T08:22:59Z


BIMA, TAROAINFO.com - Bertempat di halaman kantor Pemkot Bima, Minggu (02/10/2022) pagi, Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi resmi meluncurkan Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Car Free Day.


Turut hadir dalam peluncuran tersebut yakni Sekda Kota Bima Drs H Mukhtar Landa, seluruh Staf Ahli Wali Kota Bima, seluruh Asisten, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih, Dandim 1608 Bima, Kepala BPJS Cabang Bima, BUMN dan BUMD, Camat dan Lurah se Kota Bima.


Wali Kota Bima dalam arahannya menyampaikan, dalam berlalu lintas masih banyak masyarakat yang melanggar rambu-rambu lalu lintas, serta masih minimnya kesadaran masyarakat yang tidak memakai helm saat berkendara.


"Saya menginginkan daerah ini menjadi daerah tertib berlalu lintas, sehingga tidak ada lagi kendaraan berlalu lalang tanpa memiliki ijin mengemudi, maupun ijin kepemilikan kendaraan," Tegasnya.


Disamping itu menurutnya, pihaknya sudah membuatkan rambu-rambu kawasan tertib lalu lintas, begitu juga hari ini beliau melaunching hari bebas kendaraan bermotor atau "Car Free Day" setiap akhir pekan.


Dengan harapan, masyarakat dapat berolahraga berjalan kaki di pagi hari tanpa adanya kendaraan berlalu lalang, masyarakat juga bisa melakukan aktivitas berjualan sepanjang jalan, baik UMKM dan lainnya yang akan menggerakkan sektor perekonomian masyarakat.


"Mudah-mudahan dengan dicanangkannya Car Free Day setiap hari minggu menjadi satu event setiap akhir pekan bagi masyarakat yang berolah raga dan bersepeda, juga bagi masyarakat pelaku UMKM," harapnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima Drs M Farid, MSi  menyatakan, dasar hukum pelaksanaan Tertib Lalu Lintas berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kemudian Peraturan Walikota Bima Nomor 42 Tahun 2021 tentang Rekayasa Lalu Lintas Sistem Satu Arah pada Jalan Soekarno Hatta, Jalan Sultan Kaharuddin, Jalan Sultan Hasanuddin, serta Jalan Gajah Mada.


Lebih lanjut M Farid menjelaskan, dasar hukum selanjutnya yakni Peraturan Walikota Bima Nomor 34 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day.


"Maksud dilakukannya kawasan tertib lalu lintas ini katanya, untuk meningkatkan kesadaran hukum dan disiplin berlalu lintas bagi pengguna jalan pada Kawasan Tertib Lalu Lintas di wilayah Kota Bima dengan tujuan mewujudkan keamanan, ketertiban, kelancaran dan keselamatan berlalu lintas," imbuhnya.


Kepala Dishub Kota Bima juga mengatakan, tujuan dilaksanakannya "Car Free Day" yang dimulai hari ini demi memulihkan kualitas udara dan penurunan beban pencemaran udara yang dihasilkan dari emisi gas buang kendaraan bermotor, juga berdasarkan keinginan dan harapan Wali Kota Bima demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi terutama bagi pelaku UMKM di Kota Bima.


Ia menambahkan, kawasan Tertib Lalu Lintas dimulai dari Jalan Soekarno Hatta mulai simpang 4 Traffic Light Kantor Walikota Bima sampai pertigaan cabang Malake dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita dengan panjang jalan 2.200 M.


"Sesuai Perwali Nomor 31 Tahun 2022 tentang Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Perwali Nomor 34 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau "Car Free Day" bahwa pelaksanaannya dilakukan evaluasi oleh Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Bima Kota, sedangkan Car Free Day pelaksanaannya dilakukan oleh Tim Kerja yang terdiri dari unsur Kepolisian, dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima," tutupnya.


Selanjutnya, Walikota Bima bersama Sekda Kota Bima, seluruh FKPD Pemerintah Kota Bima, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Dandim 1608 Bima, BUMN, BUMD, dan masyarakat menuju Paruga Na'e pada pukul 7:00 wita untuk memulai Car Free Day dengan menggunakan sepeda dan berjalan kaki.




*RED*


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Launching Car Free Day, Walikota HML Harap Ini Peluang untuk Menumbuhkan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM | Taroainfo

Terkini

Topik Populer

Iklan