Iklan


Iklan

HUT Kota Bima ke-20, Walikota HML Beberkan Sejumlah Capaian & Penghargaan | Taroainfo

Editor
4/10/22, 22:01 WIB Last Updated 2022-04-10T14:01:51Z




KOTA BIMA, TAROAINFO.com - Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bima ke-20 pada hari Minggu 10 April 2022. Upacara berlangsung di Halaman Kantor Walikota Bima. 


Adapun yang hadir pada Momen ini diantaranya; Anggota DPR-RI HM.Syafrudin, ST,MM, Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE, Bupati Dompu Abd Kadir Jaelani, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bima, Para Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima, Para Pimpinan SKPD, Ketua TP PKK Kota Bima, para pimpinan BUMN/BUMD, Perwakilan perguruan Tinggi.


Tampak pula perwakilan organisasi pemuda, Kepala Sekolah, Pengawas dan Dewan Pendidikan, Camat, Lurah, unsur organisasi wanita, veteran, perwakilan instansi vertikal, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, insan pers, dan para akademisi serta para pengusaha turut menempati tenda undangan.


Peserta upacara berasal dari unsur Kepolisian, Brimob, TNI, Kompi Senapan A, serta ASN Pemerintah Kota Bima. Tema HUT tahun ini adalah “ Semangat Bangun Kota Bima Yang Berbudaya," 


Dalam sambutannya Walikota Bima menyampaikan napak-tilas pencapaian dan tantangan selama memimpin Kota Bima. Agenda-agenda besar pembangunan berhasil dilaksanakan, dan Kota Bima juga berhasil pulih dari bencana Banjir diakhir tahun 2021 dalam waktu yang relatif cepat.


Selama 20 tahun terbentuknya Kota Bima telah mengalami perubahan signifikan, baik dari aspek fisik maupun aspek sosial budaya, ekonomi dan lingkungan. Pembangunan Kota Bima dilaksanakan sesuai tipologi kawasan. 


Kawasan Barat sebagai pusat perdagangan dan jasa, tengah untuk pusat pemerintahan dan pendidikan, dan kawasan Timur untuk pengembangan pertanian dan perkebunan serta daerah konservasi.


Sesuai fungsinya untuk pengembangan pertanian, perkebunan dan konservasi, di kawasan timur Kota Bima dibangun irigasi pertanian dan peningkatan jalan ekonomi maupun jalan usaha tani. 


Untuk menunjang kegiatan perdagangan dan jasa, berbagai infrastruktur perekonomian dibangun. Selain itu, penataan taman kota atau ruang terbuka hijau terus diupayakan.


Dijelaskannya pula, ada beberapa titik strategis penataan Kota Bima sebagai kota dengan mottonya " Maja Labo Dahu," yang merupakan koridor pertumbuhan ekonomi, yaitu: Ni’u, Lawata, Ama hami, Pelabuhan Bima, dan Pantai Kolo. Khusus kawasan ama Hami, terdapat Taman Ama Hami, sebagai destinasi wisata lokal, dan mancanegara.


Pada momentum tersebut, wali kota HML membeberkan keberhasilannya torehanya selama memimpin Kota Bima, dengan berbagai penghargaan dan keberhasilan yang diraih.


Semuanya dapat digapai atas kerja keras dan kerjasama semua pihak, terutama para ASN, kerja keras Forkopimda, yang selama ini bersinergi mewujudkan program Pemerintah Kota Bima tentunya bersama rakyat Kota Bima.


Sederet pembangunan infrastruktur telah sukses dilaksanakan seperti; Pembangunan RSUD Kota Bima, Puskesmas Dara dan Puskesmas Mpunda, serta Puskesmas Kumbe. Dalam waktu dekat akan berlanjut pembangunan Puskesmas di Kecamatan Asakota. Paparnya.


Hal lain paparan HML, pembangunan Gedung perpustakaan daerah, pembangunan sayap kantor Wali Kota Bima yang berfungsi menampung sejumlah Kantor Kegiatan OPD, Masjid Nor latif diareal kantor pemkot Bima serta Penyelesaian pembangunan Masjid Agung Al-Muwahidin Bima.


Menyaksikan kesuksesan ini, menjadikan Kota Bima, daerah yang mandiri yang sejajar dengan Kota lainya di negeri ini.  Semangat membangun harus terus ditingkatkan, dalam situasi apapun gagasan dan inovasi harus terus dikembangkan. Karen apa yang dihasilkan selama 20 tahun ini belum seberapa dibanding harapan dan aspirasi rakyat, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam membangun daerah ini.Paparnya.


Bidang pemberdayaan masyarakat melalui bantuan usaha, dan pengembangan di bidang pertanian dan peternakan menjadi atensi kita selama ini,  command center yang merupakan satu satunya di NTB sebagai layanan unggulan yakni E- Lapor sehingga informasi lebih cepat dan mudah diserap dari arus bawah melalui informasi data. 


*RED*


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HUT Kota Bima ke-20, Walikota HML Beberkan Sejumlah Capaian & Penghargaan | Taroainfo

Terkini

Topik Populer

Iklan