Iklan

Iklan

Kodim 1628/SB Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad Saw 1443 H / 2021 M

Editor
10/25/21, 12:57 WIB Last Updated 2021-10-25T04:58:17Z



SUMBAWA BARAT, TAROAINFO.com -  Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal kalender hijriyah Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad ini selalu menjadi satu momentum peringatan yang ditunggu-tunggu umat Islam diseluruh dunia seperti halnya kali ini perimgatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1443 H / 2021 M.

 


Hal  tersebut disampaikan Dandim  1628/SB Letkol Czi Sunardi ST.,  M. IP.,  dalam sambutan pada peringatan maulid Nabi Besar Muhammad Saw Di Makodim 1628/SB Jalan Lintas labuhan Balad no 3 Taliwang Sumbawa Barat, Senin (25/10/2021)


Selain itu Dandim juga  menyampaikan kepada seluruh anggota TNI dan keluarga besar Kodim 1628/SB hendaknya dapat meneladani Rasulullah SAW dalam meningkatkan etos kerja.


Dandim mengungkapkan, banyak pelajaran yang bisa diambil anggota TNI dan keluarga dari perjalanan dan perjuangan Rasulullah SAW, dalam menjalani hidup dan kehidupannya.


peringatan maulid merupakan petunjuk bagi manusia untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT


“Kita harus dapat mengambil hikmah, sifat terpuji, serta akhlak tulkarimah serta kebaikan yang diajarkan Rasulullah SAW,” kata Dandim.


Perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW juga, kata Dandim, bukan saja menjadi inspirasi bagi kaum muslimin, tapi juga menjadi inspirasi seluruh manusia dari segala penjuru dunia.


“Rasulullah SAW adalah contoh pemimpin yang ideal. Baik bagi keluarga, maupun apapun yang dipimpinnya. Rasulullah ketauladan segala hal, sehingga wajib kita contohi,” tuturnya.


Peringatan maulid kali ini, kata Dandim, mengangkat tema tingkatkan keimanan dan etos kerja personel TNI, guna mendukung keberhasilan tugas pokok TNI di tengah pandemi Covid-19.


“Dengan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, serta mengikuti segala sunnah sunnahnya, maka kualitas keimanan kita akan lebih baik. Dengan demikian, otomatis etos kerja meningkat dan kerja lebih maksimal,” tandas Dandim. 


Sedangkan Habib Bagdis Basaiban dalam ceramah hikmah maulid Nabi Besar Muhammad Saw menyampaikan Bahwa setiap kita termasuk para prajurit Kodim 1628/SB beserta keluarga ketika dapat menteladani akhlak Nabi dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari Insya Allah harapan seperti dalam tema yang diusung " Melalui Hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H / 2021 M Kita Tingkatkan Keteladan Dan Etos Kerja Personil TNI Guna Mendukung Tugas Pokok TNI Di Tengah Covid -19" dapat diwujudkan baik dalam kedinasan, dalam kehidupan sehari hari termasuk dalam lingkungan keluarga, jelasnya. 


Umat Islam akan bersukacita menyambut dan mempersiapkan berbagai kegiatan untuk memperingati momen Maulid Nabi ini.


Namun, tidak hanya sekedar perayaan semata, peringatan Maulid Nabi juga sejatinya memiliki hikmah yang dapat diambil oleh seluruh umat Islam.


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah ikhtiar untuk menghadirkan kembali Rasulullah Muhammad SAW di hadapan umat Islam sebagai role model / suri tauladan dalam kehidupan sehari hari dalam beribadah, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


لَّقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِي رَسُولِ ٱللَّهِ أُسۡوَةٌ حَسَنَةٞ لِّمَن كَانَ يَرۡجُواْ ٱللَّهَ وَٱلۡيَوۡمَ ٱلۡأٓخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرٗا ٢١


Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah (QS. Al Ahzab : 21)


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan senantiasa mengingatkan kita semua pada peninggalan berharga Rasulullah SAW kepada umat yang dicintainya,



تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ


Artinya: Saya meninggalkan kepada kalian dua perkara. Kalian Tidak akan sesat apabila berpegang pada keduanya yaitu Kitab Allah dan Sunnah RasulNya.


Itulah hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad yang dapat kita petik, agar peringatan Maulid Nabi pada setiap 12 Rabiul Awal ini bisa memberi makna, sekaligus mampu meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad, tutup habib.


Kegiatan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh bapak M Zain dilanjutkan penampilan maulid simtudduror dengan lantunan sholawat.


Adapun hadir pada kesempatan tersebut Kasdim 1628/SB, Habib Ali Alhinduan, Habib Bagdis Basaiban, Pak M zain,  Para Perwira Staf Dan Danramil Jajaran Kodim 1628/SB, Ketua Persit beserta pengurus serta Prajurit Kodim 1628/SB


Kegiatan dilaksanakan sesuai Sop Protokol Covid -19 mengingat Kota masih dalam wabah pandemi covid -19.


*RED*


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kodim 1628/SB Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad Saw 1443 H / 2021 M

Terkini

Topik Populer

Iklan