Iklan

Iklan

Kegiatan Bersama Ketua MK, Wali Kota Bima Kemukakan Alasan Kuatnya Sebuah Negara

Editor
5/21/21, 19:22 WIB Last Updated 2021-05-21T12:32:22Z
Wali Kota Bima Bersama Ketua MK, Bupati Dompu, Wakil Walikota Bima Dan Ketua DPRD Kota Bima Tengah Bersiap Memulai Kegiatan. Dok: taroainfo/ Irull.


Kota Bima, TaroaInfo.Com- Wali Kota Bima memberikan sambutannya dengan antusias dalam kegiatan Sosialisasi Peran MK Dalam Menjaga Hak Konstitusi Warga Negara. acara tersebut dilangsungkan pada Jum'at 21 Mai 2021 Pukul 17.00 sampai selesai menjelang bada magrib.

Wali Kota Bima Memberikan Sambutan Dalam Kegiatan Sosialisasi Perak MK Dalam Menjaga Hak Konstitusi Warga Negara Dalam Negara Demokrasi. Dok: taroainfo/Irul.


Pada Kesempatan selanjutnya Kepala Daerah Kota Bima yang juga sebagai tuan rumah gelaran bersifat nasional tersebut diberikan kesempatan menyampaikan sambutanya. Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE mengawali penyampaiannya dengan mengajak para peserta kegiatan untuk sama-sama menapaktilasi rekam jejak kesuksesan Ketua MK Republik Indonesia yang notabene merupakan putra asli Bima. Menurut Lutfi, kesuksesan Anwar Usman sebagai ketua MK bukan hanya dari segi prestasinya yang mengharumkan nama Daerah Bima tetapi berkat sepak terjang beliau, nama Bima menjadi buah bibir di senayan (DPR RI). sehingga berimplikasi nyata dalam memudahkan Kota dan Kabupaten Bima dalam menjemput program di pusat. 


Selanjutnya Lutfi sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan bertema Sosialisasi Hak Konstitusional Warga Negara tersebut dengan menyampaikan bahwa penting untuk menyimak dan mengimplementasikan materi dari kegiatan tersebut dalam kehidupan berdemokrasi. berikutnya HML menyebut negara kita merupakan negara yang berdasarkan hukum dan setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban sama di depan hukum. negara yang mampu berdiri secara independen dan mampu mensejahterakan rakyatnya merupakan negara yang mampu menanamkan kesadaran hukum bagi rakyatnya. 


"Seperti yang kita ketahui bersama, negara  kita merupakan berlandaskan hukum dan semua negara yang kuat dibangun dengan berlandaskan kesadaran hukum atau konstitusi. seperti negara-negara river state merupakan contoh nyata kuatnya sebuah negara" Sambung Lutfi. 


Tak lupa dalam sambutanya mantan politisi senayan dua periode ini mengucapkan mohon maaf lahir bathin kepada seluruh hadirin. dalam acara tersebut, Lutfipun mengapresia Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indra Wirawan S.Adm yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut diadakan dilembaga yang dipimpinnya. Lutfi berharap Kota Bima kembali diberikan kesempatan sebagai tuan rumah dalam kegiatan serupa.


Sementara ketika memberikan sambutannya Ketua MK Republik Indonesia Anwar Usman mengapresiasi antuasiasme para stakeholder yang antusias menyambut dan menyukseskan gelaran tersebut. Anwar selanjutnya memaparkan tentang peran penting MK dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahkamah Konstitusi menurut undang-undang memiliki jangkauan kewenangan diseluruh NKRI. selain dari tugas pokoknya sebagai lembaga yang menguji materi undang-undang dan memutuskan perkara bersifat konstitusi strategis, menurut anwar MK dapat membatalkan beberapa keputusan lembaga-lembaga tertentu yang memiliki kandungan cacat hukum dan konstitusi. 


Selanjutnya terkait wacana terbentuknya Propinsi Pulau Sumbawa, Ketua MK yang ramah pada wartawan ini menegaskan bahwa dirinya tidak bisa memberikan penilaian diluar konteks hukum maupun Konstitusi terkait permasalahan tersebut.



*TI01*


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kegiatan Bersama Ketua MK, Wali Kota Bima Kemukakan Alasan Kuatnya Sebuah Negara

Terkini

Topik Populer

Iklan