Iklan


Iklan

Tim OMT Aquaculture UTS Sukses Budidaya Ikan Sistem Biofloc

Editor
3/09/21, 18:56 WIB Last Updated 2021-03-09T10:56:16Z

Sumbawa Besar,Taroainfo.com-Keberhasilan budidaya ikan lele dengan sistem Biofloc yang berada disamping Asrama Mahasiswa UTS menjadi bukti keberhasilan Unit OMT 'Aquaculture' dari Fakultas Teknobiologi (FTB) Universitas Teknologi Sumbawa.


Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melaksanakan panen pertama dengan tim OMT dan melihat langsung budidaya lele dengan sistem biofloc yang dimulai sekitar pukul 10.30 sampai 12.00 wita Kemudian dilanjut foto bersama dan menyantap olahan ikan lele hasil panen malam sebelumnya.Senin,08 Maret 2021


Peternakan lele dengan sistem 'Biofloc' yang berada disamping Asrama Mahasiswa UTS telah berhasil di panen perdana kemudian langsung dijual ke pengepul lele setempat dengan harga Rp 35.000 per kilogram. 


Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D. menjelaskan, "Sistem budidaya biofloc merupakan terobosan yang sangat besar, semoga dari teknologi ini di UTS bisa menstimulus inovasi lainnya untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar kampus."


Fakultas Teknobiologi (FTB) Izzul Islam, M.Sc. Eng menjelaskan bahwa Fakultas Teknobiologi sekarang juga sedang mengembangkan riset peningkatan kualitas hidup ikan budidaya dan automatisasi monitoring realtime kesehatan dan kondisi pada sistem budidaya 'biofloc'. "Semoga ini bisa menjadi solusi masalah budidaya kita,"tambah Izzul.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh para dosen, staf dan alumni UTS, juga pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKL) Kab. Sumbawa Besar. Kepala Bidang Perikanan Budidaya dari DKL Rahmat Hidayat, S.Pi, MT. menyampaikan, "Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas keberhasilan tim OMT Aquaculture FTB UTS dalam menerapkan peternakan lele dengan sistem Biofloc. Semoga keberhasilan ini terus berkembang dan bermanfaat bagi kampus serta masyarakat luas,"ujarnya.


"Terima kasih kepada 'Balai Besar Perikanan Budidaya Air Laut' (BBPBL) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKPL) Kab. Sumbawa Barat yang telah memepercayakan UTS untuk mengembangkan budidaya lele dengan sistem 'biofloc', Semoga kedepan UTS dan BBPBL bisa menjadi mitra strategis dalam pengembangan riset dan teknologi budidaya perikanan di NTB,"pungkasnya. (TR-01).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim OMT Aquaculture UTS Sukses Budidaya Ikan Sistem Biofloc

Terkini

Topik Populer

Iklan