Iklan

Iklan

Kemen Kominfo Pemkab Bima Gelar Webinar Manfaat Program PEN bagi UMKM

Editor
11/20/20, 15:24 WIB Last Updated 2020-11-20T07:24:47Z


Bima, TaroaInfo.Com- Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima Kamis (19/11) menghelat  seminar virtual yang secara khusus mengangkat tema  Manfaat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bima. Kegiatan ini juga membahas topik vaksin aman, masyarakat sehat dan vaksinasi dewasa untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


Perwakilan  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Harno Utomo dalam pengantarnya mengatakan, webinar dimaksudkan guna membangun pemahaman yang benar dan kepercayaan pada upaya penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.  Pertemuan virtual ini juga ditujukan untuk mengajak partisipasi publik untuk bersama-sama  mewujudkan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional”. Jelasnya.


 Pada webinar yang disiarkan secara live melalui kanal youtube tersebut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Kabupaten Bima  Iwan Setiawan,. SE menyajikan materi “Keberpihakan kepada usaha mikro melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional di Kabupaten Bima”. 


Menurutnya, wabah Pandemi Covid-19  menyasar juga UMKM yang berdampak pada menurunnya omset penjualan, volume produksi, keuntungan dan  modal usaha. Untuk melindungi UKM dari kebangkrutan, pemerintah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). “Bantunan tersebut lanjutnya ditujukan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan  ekonomi para Pelaku Usaha mikro dalam menjalankan  usahanya. Juga diharapkan dapat  “memperpanjang napas” dan meningkatkan kinerja UMKM  yang berkontribusi pada perekonomian Indonesia”. Terang Iwan.


Dalam webinar yang dipandu Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi Diskominfostik Kabupaten Bima Suryadin S.S, M.Si tersebut, narasumber lainnya Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Tita Masitha M.SI yang memaparkan tema Vaksin Aman, Masyarakat Sehat. 


Tita menjelaskan, vaksinasi sebenarnya adalah upaya meningkatkan kekebalan pada masyarakat sehingga terbentuk antibodi pada seseorang maupun kelompok terhadap penyakit. Cara ini  akan membuat tubuh seseorang mengenali bakteri atau virus penyebab penyakit tertentu sehingga bila terpapar akan menjadi lebih kebal. Cakupan imunisasi yang tinggi dan merata akan membentuk kekebalan kelompok (herd imunity) sehingga dapat mencegah penularan maupun keparahan suatu penyakit”. Terangnya.



Menanggapi pertanyaan para peserta terkait penggunaan vaksin Covid-19,  penggunaan vaksin masih menunggu perintah bagaimana, kapan  vaksin ini mulai diterapkan di Indonesia. Penggunaan vaksin menuntut upaya sungguh-sungguh dari pemerintah Indonesia untuk menjamin keamanan, efektivitas dan kehalalannya sehingga masyarakat bisa menerima  dengan baik” Tandasnya.


(Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kemen Kominfo Pemkab Bima Gelar Webinar Manfaat Program PEN bagi UMKM

Terkini

Topik Populer

Iklan