Iklan


Iklan

Diduga Data Ganda, BPD Minta Petugas POS Hentikan Sementara Pencairan BST Desa Sumi

Editor
5/22/20, 22:00 WIB Last Updated 2020-05-22T14:00:16Z


Bima, Taroainfo.com - Pembagian Dana Bansos atau bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial di Kantor Kecamatan Lambu Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, Khusus desa Sumi diduga bermasalah karena data tidak sesuai, Kamis (21/05/2020)

Ketua Badan Musyawarah Desa (BPD) Sumi, Arno, S.Pd sebagai ketua BPD menyuruh petugas Pos Indonesia untuk menghentikan sementara pembagian BST Khusus di Desa Sumi yang di anggap bermasalah

Untuk data penerima manfaat Kemensos mengirim data kepada Dinsos Kabupaten Bima dan teruskan kepada Pemdes Sumi. Berdasarkan evaluasi lebih lanjut oleh Pemdes Sumi ternyata data yang terima banyak yang ganda dan bahkan banyak telah mendapatkan bantuan lain, "Ada yang sudah menerima JPS NTB Gemilang, JPS Bima Ramah, PKH, BPNT-Sembako dan BLT DD" Jelasnya.

"Pemdes Sumi Jauh-jauh hari sudah memperbaiki data yang ganda dan yang telah menerima bantuan lain tersebut, Pemdes sumi melakukan evaluasi, validasi dan finalisasi hampir tiga hari mulai dari tingkat RT, RW, Dusun beserta BPD akan tetapi pada saat pembagian BST bahwa data tidak sesuai yang di harapkan" tuturnya

Secara terpisah, Kepala Pos Indonesia kecamatan Sape, Ishaka mengatakan, kami hanya menjalankan tugas berdasarkan perintah dari Kemensos dan Dinsos Kabupaten Bima membayar dan membagikan kepada masyarakat BST sesuai data yang kami terima.

"Terkait Masalah pending atau dihentikan sementara oleh Pemdes Sumi Penerimaan Bantun Sosial Tunai (BST) itu bukan urusan dan wewenang kami untuk menjelaskan lebih jauh, silakan lansung ke pemdes terkait yang lebih detail untuk menjawabnya" Jelas Kepala Pos Indonesia kecamatan Sape, Ishaka saat ditemui diruang kerjanya.

Adapun jumlah kepala keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) total 1.257 KK, sementara data untuk masyarakat Desa Sumi penerima Bantuan Sosial Tunai sebanyak 140 Kepala keluarga.

Hingga berita ini diturunkan, kepala Dinsos Kabupaten bima berusaha dikonfirmasi terkait adanya Data ganda tersebut. (BL-02.)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Data Ganda, BPD Minta Petugas POS Hentikan Sementara Pencairan BST Desa Sumi

Terkini

Topik Populer

Iklan