Iklan

Iklan

Bawaslu Kabupaten Bima Akan Lakukan OJT, Tingkatkan Skill Jajaran Pengawas Ad hoc

Editor
9/13/23, 01:37 WIB Last Updated 2023-09-12T18:38:55Z
Foto: Koordinator Devisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Hasnun, S.Pd/Dok: Istimewa. 

BIMA, TAROAINFO.COM.- Dalam Rangka meningkatkan kapasitas sumber daya pengawas Pemilu adhoc di Kecamatan dan Desa, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima akan melakukan On the job training (OJT) dalam waktu dekat. 


Metode pelatihan ini dipilih untuk peningkatan skill, pengetahuan, dan kompetensi pengawas pemilu di dalam memahami tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilu. 


Kenapa metode OJT menjadi pilihan? Menurut Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Hasnun, S. Pd. OJT  merupakan salah satu pola yang dirasa lebih efisien dan efektif dalam mentransformasikan setiap pengetahuan. 


"Melalui OJT, peserta pelatihan bisa dengan lebih cepat menyerap setiap materi pelatihan, karena mereka bisa belajar sambil bekerja,"Kata pria yang akrab disapa bang Alex, Selasa (12/9/23) dikutip bimakab.bawaslu.go.id.


Lebih Lanjut Bang Alex, bahwa OJT akan fokus terkait dengan tata cara penyelesaian sengketa pada proses pemilu yang lebih difokuskan pada penyelesaian sengketa cepat. Hal itu dirasa penting, karena mengingat tahapan kampanye sudah di depan mata. "Istilahnya kita sedia payung sebelum hujan,"tutur bang Alex sambil diikuti dengan senyuman khasnya.


Lalu, siapa saja yang akan menjadi peserta dan di mana OJT akan dipusatkan? Pelatihan itu, jelas Bang Bang Alex, akan diikuti oleh seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan PKD se-Kabupaten Bima. Adapun tempat kegiatannya adalah akan dipusatkan di masing-masing sekretariat Panwaslu Kecamatan. "Insya Allah kegiatan OJT akan kami mulai pekan depan,"ujarnya.


Ia menambahkan, OJT itu akan dilakukan pada momen kunjungan tim Bawaslu Kabupaten Bima ke masing-masing kecamatan. "Tekhniknya adalah, setiap kami melakukan kunjungan kerja ke Pawaslu Kecamatan, maka semua jajaran pengawas di kecamatan dan desa akan dikumpulkan di sekretariat masing-masing Panwaslu Kecamatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang dimaksud,"tandasnya. 


*TI-02*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bawaslu Kabupaten Bima Akan Lakukan OJT, Tingkatkan Skill Jajaran Pengawas Ad hoc

Terkini

Topik Populer

Iklan