Iklan

Iklan

Perkuat Tata Kelola, BLUD Kabupaten Bima Kaji Banding di Yogyakarta

Editor
3/14/23, 23:09 WIB Last Updated 2023-03-14T15:14:40Z



BIMA, TAROAINFO.com - Untuk memperkuat pemahaman implementasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas, sebanyak 13 dari 14 Puskesmas BLUD dan 3 Puskesmas Non BLUD Se- Kabupaten Bima melakukan Kaji Banding di dua Puskesmas Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 


Ketua Tim Kaji Banding BLUD yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Afifuddin, SE, MM,  yang didampingi Kabag Hukum Setda kabupaten Bima Amar Makhruf, SH dan Pendamping BLUD Puskesmas Dr. Firman, MPH menjelaskan, dua Puskesmas Kabupaten Sleman yang menjadi lokasi kaji banding adalah Puskesmas Mlati 2 dan Puskesmas Seyegan. 

Jelasnya Senin (13/3) sesaat setelah rombongan diterima oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman drg. Isa Darmawidjaja, M.Kes.  


"Melalui Kaji Banding, Puskesmas BLUD Kabupaten Bima sangat ingin memahami praktek pengelolaan BLUD ini, terutama terkait tata kelola dan penatausahaan keuangan”. Ungkap  Afifuddin.


Kepala Puskesmas Mlati 2 yang  menjadi tujuan kaji banding, drg. Evita, MPH memaparkan, BLUD memberi peluang Puskesmas untuk berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kami mengembangkan beragam inovasi yang mengantarkan Puskesmas kami mendapat banyak apresiasi baik lokal maupun nasional”. Ungkap dr. Evita  dihadapan 68 orang peserta.


Pada tatapmuka tersebut, dr. Evita juga memaparkan materi tentang implementasi BLUD,  baik proses maupun dampaknya bagi Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kabupaten Sleman. 


Peserta selanjutnya melakukan peninjauan dan berdiskusi  secara langsung dengan pengelola BLUD Puskesmas Seyegan yang dipimpin drg. Ratih Susila, MPH.  Kegiatan yang sama juga berlanjut di Puskesmas Mlati 2. 

Di Puskesmas Mlati 2, peserta tampak serius membahas pengembangan Puskesmas pasca BLUD dan penggunaan teknologi informasi (IT) untuk mempercepat proses pelayanan menjadi inspirasi bagi Puskesmas Kabupaten Bima. Termasuk penggunaan e-kinerja bagi pegawai Puskesmas. 


Pada hari kedua (14/3) rombongan melakukan workshop tentang laporan keuangan dan penyusunan Rencana Busines Anggaran (RBA) dan mendengarkan pemaparan tiga orang Narasumber yaitu Yos Hendra, SE, MM., Akt., CA., M.Ec.Dev., MAPPI Konsultan keuangan dan BLUD dari PKMK FK UGM dan kedua Kepala Puskesmas yaitu Mlati 2 dan Seyegan. 


Salah seorang peserta, Kepala Puskesmas Langgudu Najmah, S.ST turut mengapresiasi kegiatan ini. “Sangat memuaskan ilmu yg di peroleh hari ini dengan nara sumber yang sangat hebat dengan kemampuannya. Semoga bisa di terapkan di PKM masing masing”. Ujarnya.



*RED*



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perkuat Tata Kelola, BLUD Kabupaten Bima Kaji Banding di Yogyakarta

Terkini

Topik Populer

Iklan