Iklan


Iklan

IRT Asal Desa Rato Yang Idap Kanker Payudara Akan Dirujuk ke RSUD Bima

Editor
2/01/22, 23:25 WIB Last Updated 2022-02-01T15:25:57Z

 


BIMA, TAROAINFO.com - Dilansir dari Media Bimakini Ibu Rumah Tangga (IRT) asal RT 07 RW 04 Desa Rato, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Siti Mariam binti Yasin (40) yang mengidap kanker payudara akan dirujuk ke RSUD Bima. Saat ini pihak medis Puskesmas Bolo masih menunggu konfirmasi dari pihak RSUD Bima berkaitan dengan ruangan, tapi berkaitan dengan surat dan lainnya sudah disiapkan.

Sejak Ahad (30/1/2022), perempuan paruh baya itu mendapat perawatan medis dari Programer Perawat Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) Puskesmas Bolo, yakni pasca dibawa ke rumah keluarga di Desa Rasabou.

“Pasien tersebut sudah kita bawa ke Puskesmas dan selanjutnya akan dirujuk ke RSUD Bima,” ujar Kepala Puskesmas Bolo melalui Ketua Tim Programer Perkesmas Puskesmas Bolo, Edyhar S Kep, Selasa (1/2/2022).


Kata Ketua Tim Programer Perkesmas Puskesmas Bolo, pasca mendapat laporan terkait salah satu warga yang mengidap kanker membahayakan itu dibawa oleh keluarganya di Desa Rasabou untuk dilakukan pengobatan secara tradisional. Pihaknya langsung datangi, sekaligus memberikan edukasi serta perawatan medis.

“Saat kita beri edukasi, keluarga Siti Mariam menolak untuk dirujuk. Namun kita tidak patah semangat untuk membujuknya, sehingga pihak keluarga sepakat pasien tersebut dirawat medis, sekaligus dirujuk ke RSUD Bima,” ucap Om Jon sapannya.


Lanjut Om Jon, selama Siti Mariam berada di rumah keluarganya di Desa Rasabou, kita juga memberikan perawatan secara intensif. Yakni melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan melakukan perawatan luka.

“Kita melakukan pemeriksaan dan perawatan kunjungan, karena ada tanda – tanda membaik. Pihak keluarga sepakat agar Siti Mariam dibawa ke Puskesmas dan selanjutnya dilakukan rujuk,” tutur Om Jon.


Ia berharap, pihak RSUD Bima secepatnya memberikan informasi berkaitan dengan ruangan. Sehingga secepatnya Siti Mariam dapat dirujuk ke RSUD Bima untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

“Kita hanya menunggu informasi dari pihak RSUD Bima, kalau sudah ada ruangan kosong. Maka Siti Mariam segera dirujuk dengan menggunakan mobil ambulance milik Puskesmas Bolo,” ungkapnya.


Keluarga dekat Siti Mariam, Hj. Imo H. Mario warga RT 11 Dusun IV Desa Rasabou mengatakan, kita sudah sepakat Siti Mariam dirujuk ke RSUD Bima. Bahkan menurutnya, jika diperkenan rujuk ke RSUP Mataram, kita akan terima.

“Kemarin memang keluarga tolak dirujuk, sekarang sudah ada kata sepakat untuk rujuk karena kondisi kesehatan Siti Mariam ada tanda – tanda membaik,” ucap Hj. Imo.


Sambungnya, kepedulian dari pemerintah serta semua elemen sangat dibutuhkan, karena selama perawatan medis membutuhkan biaya. Jika ada yang berkenan membantu dapat menghubungi kontak 082342005198 dan mengirim dana lewat Rekening BRI 471301034698537 atas nama Nur Apriani.

“Semoga ada yang mau membantu, jika berkenan dapat menghubungi kontak di atas, sekaligus mengirim dana di rekening BRI atas nama Nur Apriani,” pintanya. 


*TI-RED*


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IRT Asal Desa Rato Yang Idap Kanker Payudara Akan Dirujuk ke RSUD Bima

Terkini

Topik Populer

Iklan