Iklan

Iklan

Sekda Kota Bima Buka Kegiatan Sosialisasi Program Mawar Emas

Editor
10/28/21, 22:30 WIB Last Updated 2021-10-28T14:30:58Z


KOTA BIMA, TAROAINFO.com- Wali Kota Bima yang di wakili oleh Sekda Kota Bima membuka acara Sosialisasi Program Mawar Emas Berbasis Masjid kepada Takmir masjid Se-Kota Bima, kamis (28/10/2021).


Acara Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Kota Bima tersebut di hadiri oleh Direktur PT. Bank Syariah NTB Bapak  M. Nur Rahmat, Kepala OJK Provinsi yang diwakili oleh Kassubag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK NTB Bapak Bambang S. Antariksawan, serta seluruh pengurus masjid di Kota Bima.


Dalam sambutannya Wali Kota Bima yang diwakili oleh Sekda Kota Bima menyampaikan bahwa selama berdirinya MES sudah 4 kelompok MES Kota Bima yang sudah dibantu oleh MES provinsi melalui bank NTB, dan rencananya akan diberikan kepada satu kelompok lagi.


"Program yang berbasis masjid sudah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu, dan  MES provinsi NTB sudah mengucurkan anggaran kepada MES Kota Bima dan alhamdulilah Kota Bima meraih peringkat takmin masjid terbaik", ujarnya.


Bambang S. Antariksawan, selaku Kasubbag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK NTB menyampaikan bahwa Program Mawar Emas ini sudah lama di lounching, dilatarbelakangi  adanya fenomena Ibu-ibu yang banyak terjerat praktek rentenir atau transaksi online.


Untuk itu lahirlah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melalui program Mawar Emas tersebut. Program yang berbasis masjid ini tentunya sangat efektif dilakukan, karena disamping sebagai tempat ibadah, Masjid juga bisa diberdayakan sebagai pusat ekonomi masyarakat.


Senada juga disampaikan Manager Bisnis dan Ritel PT Bank NTB Syariah, Muhammad Nur Rahmat, Bahwa peran Bank NTB Syariah dalam hal ini, membantu meringankan beban masyarakat, terhadap akses pembiayaan informal seperti rentenir. Bank NTB Syariah hadir untuk memberikan pembiayaan yang sangat lunak tanpa ada penambahan margin (bagi hasil) dan agunan, dengan harapan Ibu-ibu lebih meningkatkan lagi usahanya. Bahkan mereka yang lancar pengembalian pembiayaan tersebut, dapat mengajukan kembali tambahan modal usaha, terang Rahmat. 


"Saya berharap Ibu-ibu yang selama ini berhubungan dengan rentenir, agar beralih dengan memanfaatkan program perbankan syariah yang ada, secara jujur saling percaya dan bertanggungjawab, ujar Rahmat. 


Pada kesempatan tersebut Muhammad Nur Rahmat juga menjelaskan persyaratan mendapatkan pembiayaan lunak Program Mawar Emas senilai Rp. 1 juta perorang tersebut, yakni 1). Berbentuk kelompok dengan jumlah anggota 20 orang, 2). Foto copy KTP suami - istri, bagi yang belum menikah cukup membawa foto copy KTP orang tua, 3). Kartu Keluarga, 4). Pas Foto ukuran 3x4, 5). Usia minimal 20 tahun, 6). Diutamakan Anggota Majelis Taklim atau yang tinggal dekat masjid.


*RED*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekda Kota Bima Buka Kegiatan Sosialisasi Program Mawar Emas

Terkini

Topik Populer

Iklan