Iklan

Iklan

HBK Bangun Fasilitas Internet Gratis untuk Warga Pulau Lombok di 50 Titik

Editor
10/31/21, 08:13 WIB Last Updated 2021-10-31T00:13:59Z



MATARAM, TAROAINFO.com- Anggota DPR RI dari Dapil NTB 2/P. Lombok, H. Bambang Kristiono, SE (HBK), tak henti memberi kabar gembira untuk masyarakat. Kali ini, HBK menyiapkan fasilitas internet gratis untuk masyarakat di Pulau Seribu Masjid. Total akan ada 50 sekolah, pondok pesantren, dan fasilitas umum yang akan mendapat fasiltias internet gratis tersebut.

 

“Untuk tahap pertama, akan dimulai di 25 sekolah, pondok pesantren, dan fasilitas umum,” kata HBK, Ahad (31/10/2021).

 

Semua bermula dari keprihatinan. Pada suatu siang, HBK yang baru saja menyelesaikan kegiatan reses dengan menyapa dari dekat masyarakat Pulau Lombok, mampir untuk santap siang di salah satu Hotel di kawasan wisata Senggigi, Kab. Lombok Barat. Turun dari kendaraan, Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini melihat banyak sekali anak-anak meriung di parkiran Hotel tersebut. Mereka sibuk dengan gawainya masing-masing, seperti sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah yang harus dituntaskan secara daring segera.

 

Pada petugas pengaman Hotel, HBK pun bertanya, anak-anak tersebut sedang apa. Dari penjelasan petugas keamanan tersebut, HBK mendapat informasi kalau anak-anak tersebut adalah warga yang tinggal di pemukiman sekitar Hotel, dan datang untuk mengakses layanan internet Hotel dengan gawai mereka masing-masing.

 

Hari itu, anak-anak tersebut sedang beruntung, sebab kata sandi wifi Hotel yang mereka akses rupanya belum diganti oleh manajemen Hotel. Sehingga terlihat kegirangan di raut wajah mereka, sembari serius menuntaskan dan membereskan tugas-tugas secara daring.

 

Namun, di kali lain, anak-anak itu acap dikecewakan. Sudah datang ke lokasi sekitaran Hotel, namun, akses internet tidak bisa mereka dapatkan. Sebab, kata petugas satuan pengamanan tersebut, manajemen Hotel mengambil kebijakan mengubah kata sandi wifi internet. Dan dalam banyak kesempatan, hal tersebut sering terjadi.

 

Mendengar penjelasan tersebut, HBK menarik napas yang dalam. Batin politisi Partai Gerindra ini terenyuh. Rupanya, saat ini, bagi sebagian anak-anak di Pulau Lombok, akses internet masih menjadi sebuah kemewahan. Tarif layanan internet dari provider tak mampu mereka jangkau. Terlebih jika mereka berasal dari keluarga-keluarga tidak mampu.

 

Tokoh yang terkenal humble dan dermawan ini pun saat itu langsung menghubungi pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika, mitranya di Komisi I DPR RI. HBK menekankan pentingnya ada layanan akses internet gratis untuk anak-anak di Pulau Lombok yang orang tuanya kurang mampu. HBK tak ingin kegembiraan anak-anak di Pulau Lombok sirna. Kegembiraan itu harus tetap terpelihara.

 

“Internet akan memperluas cakrawala berpikir anak-anak kita di Pulau Lombok tetap terjaga,” imbuh HBK.

 

Alhamdulillah. Setelah berjuang dan meyakinkan pejabat-pejabat di Kemkoninfo RI, fasilitas internet gratis untuk masyarakat di Pulau Lombokpun mulai bisa direalisasikan tahun 2021 ini melalui program BHAKTI yang dimiliki Kemenkominfo RI. Fasilitas internet gratis ini ditempatkan di sekolah-sekolah swasta yang belum terjangkau bantuan layanan internet dari pemerintah, kemudian pondok-pondok pesantren, dan juga fasiltias-fasilitas umum yang menjadi tempat masyarakat berkumpul.

 

Melalui HBK PEDULI, Yayasan yang dimilikinya, HBK telah mendaftarkan 50 sekolah, pondok pesantren, dan fasilitas umum yang akan dibangunkan fasilitas internet gratis tersebut.


Sekretaris HBK PEDULI Rannya Agustyra Kristiono mengatakan, pembangunan fasilitas internet gratis ini akan dilakukan secara bertahap.

 

“Untuk tahun 2021 ini akan kami realisasikan di 25 sekolah, pondok pesantren, dan fasilitas umum terlebih dahulu,” ungkap Rannya.

 

Selanjutnya di awal tahun depan, 25 sekolah, pondok pesantren dan fasilitas umum sisanya akan menyusul mendapatkan fasilitas serupa.

 

Secara umum, dara yang kini masih menempuh studi di Brunel University, London, Inggris ini mengatakan, di Kab. Lombok Timur, fasilitas internet gratis ini akan dibangun di enam titik. Kemudian di Kab. Lombok Utara delapan titik, Kab. Lombok Tengah 12 titik, Kab. Lombok Barat sembilan titik, dan di Kota Mataram empat titik.

 

“Menjadi rasa syukur kami di HBK PEDULI, bantuan inernet gratis ini bisa menghadirkan kemanfaatan yang besar dan luas bagi saudara-saudara kami di Pulau Lombok,” kata Rannya.


*RED*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HBK Bangun Fasilitas Internet Gratis untuk Warga Pulau Lombok di 50 Titik

Terkini

Topik Populer

Iklan