Iklan

Iklan

HMI-MPO Cabang Bima Gelar Dialog Publik, Sambut Ramadhan Dengan Cinta

Editor
4/13/21, 19:47 WIB Last Updated 2021-04-15T05:19:43Z

 

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Cabang Bima, menggelar dialog publik di Aula Gedung II Stikes Yahya Bima. Foto: TaroaInfo/TI01.


Bima,TaroaInfo.Com-Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Cabang Bima, menggelar dialog publik di Aula Gedung II Stikes Yahya Bima. Senin, (12/4/2021).



Pada kesempatan itu, HMI menggandeng dua Pembicara, yaitu Syukurman, Penulis Buku Sosiologi Cinta, dan Arif Sofyandi, Penulis Buku Sabda Rindu.


Ketua Umum HMI-MPO Cabang Bima, Rian Risty Fauzi, dalam sambutanya menyampaikan, bahwa Dialog ini bertemakan "Menyambut Ramadhan Dengan Cinta", diangkat agar setiap manusia memahami hakikat manusia diciptakan.


Kata Dia, seluruh kader HMI dan setiap manusia harus mengerti dan memahami apa tujuan Allah SWT menciptakannya.


"Manusia harus mengetahui tujuan mereka diciptakan. Karena itu puasa adalah sarana untuk mendapatkan cinta Allah SWT,"ungkap Rian. 


Sementara itu, pembicara pertama Syukurman, menjelaskan bahwa bulan ramadhan adalah bulan penuh dengan cinta. karena itu, setiap manusia harus menjemputnya dengan dengan cinta.


"Manusia harus menemukan jiwa pecintanya, sehingga ketika manusia menemukan cintanya. maka ia akan menemukan hakikatnya,"jelas Kandidat Doktor Universitas Negeri Makassar itu.


Dia menambahkan bahwa cinta melebihi segalanya. Artinya, berpuasa dan atau beribadah kepada Allah bukan hanya berharap surga, tetapi meraih cinta Allah. Dan masih banyak lagi pandangan dan pendekatan sosiologi yang disampaikan.


Kemudian Pembicara Kedua, Arif Sofyandi dalam penyampaiannya menjelaskan, bahwa manusia adalah ciptaan Allah. Memiliki tugas sebagai khalifah dan hamba. Tujuan ciptaannya tidaklah lain, kecuali untuk mengabdi kepada Allah. Kata dia, dan mengutip Qs. 7 Al-Araf 172, Qs. 2 Al-Baqarah 30 dan Qs. Azzariyat 56.


"Termasuk puasa adalah bukti cinta Allah SWT kepada manusia, maka setiap manusia harus memahami cinta Allah sebagai bentuk pengabdian kepadanya,"Terang penulis buku Sabda Rindu Itu.


Dia menjelaskan bahwa cinta, membutuhkan pembuktian, tidak hanya sekedar kata-kata. Ketika tuhan menghadirkan sholat, puasa, dan berbagai ibadah lainnya. sebagai bukti cintanya kepada manusia, maka manusia harus mengabdi sebagai bukti cintanya kepada Tuhan.


"Yang dikejar itu, tidak hanya surga tetapi cinta Allah. Bagi siapapun yang mengerjar surga, boleh jadi ia akan mendapatkannya, tetapi bagi siapapun yang meraih cinta Allah. maka tak hanya surga yang akan Allah berikan, tetapi ia akan memberikan segalanya,"terangnya dikutip dari buku Sabda Rindu.


Dialog Publik tersebut, dihadiri oleh Kader HMI Cabang Bima, Komisariat  STKIP BIMA, komisariat STISIP Mbojo Bima, Komisariat Hijau Hitam dan Komisariat Stikes Yahya Bima. Serta Ketua Kohati HMI Cabang Mataram dan rombongannya.


Kegiatan tersebut, diakhiri dengan penyerahan buku Analisis Kebijakan Kesehatan tulisan pembicara kedua diberikan kepada pembicara pertama dan buku tulisan pembicara pertama berjudul Sosiologi Pendidikan diberikan kepada perwakilan Rombongan HMI Cabang Mataram.


*TI-01*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HMI-MPO Cabang Bima Gelar Dialog Publik, Sambut Ramadhan Dengan Cinta

Terkini

Topik Populer

Iklan