Iklan

Iklan

Pemuda Matakando Gunakan Uang Jajan Untuk Marka Jalan Lingkungan

Editor
3/31/21, 12:20 WIB Last Updated 2021-03-31T04:32:12Z

Foto, Dok: Tak Banyak Wacana, Para Pemuda Matakando Gunakan Uang Jajan Untuk Buat Marka Jalan Lingkungan.



Bima,TaroaInfo.Com - Sejumlah pemuda melakukan pengecatan marka jalan  menggunakan dana pribadi dari uang jajan di Jalan Lingkungan Al-Muhajirin Kampo Tolo, RT 003/RW/002, Kel. Matakando Kec. Mpunda Kota Bima, Sabtu (27/03/2021).


Jalan lingkungan ini merupakan jalan alternatif yang menghubungkan Kelurahan Matakando dengan SPBU Penatoi dan SMA 4 Kota Bima, sehingga ramai di lewati. Mengingat di lingkungan kami banyak anak-anak kecil yang bermain di jalan, membuat para warga khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan.


Pemuda kreatif sadar lingkungan Muhammad Nur Nugroho, M. Anis Fuady, Muhammad Muadzan, Nanang Alfian, Fardiansyah, Heri Susanto, Muhammad Guntur, dan Mu'amar Fadlil melakukan pengerjaan marka jalan selama 3 hari dimulai hari Ahad, 28 Maret sampai Selasa, 30 Maret 2021, pengerjaannya saat malam hari dari pukul 20.00 Wita hingga 03.30 Wita.


Ketua RW 02 Kel. Matakando, Mus Muliadin, S.Pd sangat mengapresiasi inisiatif positif para pemuda tersebut, mengingat sebelumnya beberapa kali telah terjadi insiden kecelakaan lalu lintas (lalin) di jalan lingkungan itu," ucap Mus Musliadin saat di wawancarai oleh awak media (Selasa, 30 Maret 2021).


Muhammad Muadzan salah seorang pemuda yang mengerjakan marka jalan tersebut  menjelaskan, "Untuk memitigasi risiko insiden yang tidak diinginkan di kemudian hari, kami langsung mengumpulkan uang jajan kami untuk membeli alat dan bahan. Kami tak ingin ada warga menyesal belakangan, karena penyesalan itu di Akhir, kalau di awal bukan penyesalan tapi Pendaftaran."


Pemuda lainnya Muhammad Nur Nugroho menambahkan, "Setelah menghitung biaya pembuatan marka jalan yang tidak terlalu besar, kami memutuskan tidak meminta dana dari warga atau pemerintah kelurahan agar dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak bagi masyarakat lainnya."


Ikut membantu pula para pemuda dari lingkungan Tolotando, Nanang Alfian menjelaskan, "Semasa kecil kami anak-anak lingkungan Tolotando sering bermain bersama di lingkungan Al-Muhajirin Kampo Tolo sehingga kami juga merasa peduli dengan kegiatan teman-teman pemuda di lingkungan Al-Muhajirin Kampo Tolo. Semoga dibuatnya marka jalan ini bisa membuat pengguna jalan lebih hati-hati dalam berndara."


Terakhir Mu'amar Fadlil pemuda lainnya menjelaskan bahwa marka jalan yang dibuat, sebelumnya telah di desain sesuai dengan ketentuan pada Keputusan Menteri Perhubungan No 3 Tahun 1994 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan.


"InshaaAllah, desain marka jalan yang kami buat sudah sesuai ketentuan yang berlaku; mulai dari pemilihan warna, bentuk, ukuran dan posisi marka sudah di perhitungkan," pungkas Mu'amar yang merupakan seorang praktisi 'Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan'.


(TI-/01).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemuda Matakando Gunakan Uang Jajan Untuk Marka Jalan Lingkungan

Terkini

Topik Populer

Iklan