Iklan

Iklan

Tiga Kesatria Di Makam Tolobali

Editor
1/14/21, 03:56 WIB Last Updated 2021-01-13T19:58:27Z

Makam Tolobali.



Bima,Taroainfo.Com - Makam Tolobali telah menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Soba Asi (Sahabat Museum Asi Mbojo). Tolobali adalah tolo ra bali atau sawah yang dikembalikan karena awalnya Sultan Bima memberikan tanah sawah itu kepada para ulama dan mublaiq, namun karena mereka tidak memiliki keahlian dalam bercocok tanam, maka sawah itu dikembalikan. 


Makam Tolobali merupakan aset penting bagi sejarah Bima. Di kompleks ini terbaring dengan tenang tiga orang kesatria, pejuang dan seniman yaitu Sultan Abdul Khair Sirajuddin Sultan Bima Ke 2, Sultan Nuruddin, sultan Bima ke 3 putera dari Sultan Abdul Khair Sirajuddin dan Sultan Jamaluddin, sultan Bima ke 4 putera dari sultan Nuruddin. Di kompleks ini juga dimakamkan para guru dan keturunan Melayu yang berjasa dalam menyiarkan agama islam di Bima. Salah satunya adalah Syekh Umar Al Bantami atau yang dikenal oleh orang Bima dengan Sehe Banta berasal dari Banten. Sehe Banta adalah guru dari Sultan Nuruddin.


Di Makam yang paling timur terdapat dua nisan yang diperkirakan makam Sultan Nuruddin dengan gurunya Syekh Umar Al Bantami. Di tengah adalah makam Sultan Abdul Khair sirajuddin dan di ujung barat adalah makam Sultan Jamaluddin.  Di luar makam ini ada 36 makam lainnya. Ada yang besar dan ada yang kecil. Di antara makam itu ada makam Tuan Guru H.M.Said Amin.BA, ulama Bima dan mantan Ketua MUI Kabupaten Bima serta makam puteranya H.Majdi Aminy.


Siapakah Tiga kesatria dalam makam Tolobali ini?


1. Abdul Khair Sirajuddin atau Abil Khair sirajuddin adalah putera dari Sultan Bima I Abdul Kahir. Lahir di Istana Makassar dan dijuluki I Ambela ( Putera Kecil ). Abdul Khair Sirajuddin menolak perjanjian Bongaya dan menabuh perang dengan Belanda. Abdul Khair Sirajuddin terlibat dalam berbagai perang membantu Gowa dengan kuda perangnya yang dikenal dengan Manggila. Sebagai seniman, Abdul Khair Sirajuddin menciptakan tarian ttradisional Bima seperi Lenggo dan upacara Hanta UA PUA juga dimulai pada masa pemerintahannya. Abdul Khair Sirajuddin memimpin kesultanan Bima dari tahun 1640 hingga 1682.


2. Sultan Nuruddin memerintah pada tahun 1682 hingga 1687. Masa kepemimpinannya hanya 5 tahun karena banyak melibatkan diri mengikuti jejak ayahandanya di medan perang. Nuruddin membantu perang Trunojoyo dan menetap di Cirebon. Dengan sisa 19 pasukannya Nuruddin ditawan Belanda di Batavia. Setelah bebas, Nuruddin kembali ke Bima dan dinobatkan menjadi Sultan Bima ke-3. Nurudidin dijuluki Ma Wa Paju karena menciptakan Paju Monca sebagai payung kebesaraan kesultanan Bima. Payung kebesaran Kesultanan Bima itu saat ini menjadi salah satu koleksi Museum Asi Mbojo. 


3. Jamaluddin menjadi sultan Bima pada tahun 1687 hingga 1696. Nasibnya tragis. Karena menolak bekerja sama dengan Belanda, sultan yang dijuluki Ma wa a Romo atau yang fasih berbicara ini dituduh membunuh Daeng Mami, permaisuri Sultan Dompu Abdul Rasul yang tidak lain adalah bibinya sendiri. Jamaluddin diadili di Benteng Fortroderdam Makassar dan di penjara selama 3 tahun, kemudian dipindahkan ke penjara Batavia selama 1 tahun dan akhirnya meninggal di penjara yang saat ini menjadi Museum Kota Tua Jakarta. Tiga tahun kemudian, puteranya Sultan Hasanuddin meminta kepada Belanda agar kerangka jenajahnya dipulangkan ke Bima..Setelah mendapat persetujuan, akhirnya kerangka sultan Jamaluddin dipulangkan ke Bima dan dimakamkan di Tolobali disamping makam kakek dan ayahnya.


Ketiga sultan dan para guru yang terbaring di makam ini adalah mutiara perjuangan bagi masyarakat Bima. Mereka adalah teladan bagi generasi kini dan akan datang. Mereka memang telah tiada dari pandangan, tetapi berjiarah ke makam ini seperti membisikkan energi bahwa kita harus senantiasa konsisten dan memiliki tekad yang kuat terhadap sebuah garis perjuangan.


Penulis: Alan Malingi (Kepala Museum Asi Mbojo Bima). 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tiga Kesatria Di Makam Tolobali

Terkini

Topik Populer

Iklan