Iklan

Iklan

Permainan Rakyat & Olahraga Tradisional "Ntumbu Tuta" Sukses Digelar di Wisata Budaya Desa Kananta

Editor
8/22/23, 23:12 WIB Last Updated 2023-08-23T05:02:03Z

 

Foto: Ist. 

MATARAM, TAROAINFO.COM.- Pergelaran dan Diseminasi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional "Ntumbu Tuta" Pada Wisata Budaya Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima yang digelar oleh panitia pelaksana Dr. Khairul Amar, M.Or.,AIFO sukses diselenggarakan. 


Kegiatan yang dibuka resmi di gedung serba guna Desa Kananta bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2023 tersebut, turut dihadiri oleh Kepala Desa Kananta Aidin Abdullah, S.Pd.i beserta perangkat desanya, BPD, Ketua Karang Taruna, Tokoh agama dan tokoh masyarakat. 


Panitia pelaksana, Dr. Khairul Amar, M.Or.,AIFO dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pagelaran dan desiminasi ini disponsori langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbud) RI melalui dana Indonesiana.


"Kegiatan ini nantinya adalah "Ntumbu Tuta" yang akan ditampilkan oleh mahasiswa semester 4 dan 5 yang dilatih khusus oleh Sanggar Ntori,"katanya.


Dijelaskan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan ini sudah dibicarakan lebih awal dengan kepala desa dan mendapatkan dukungan luar biasa, sehingga kegiatannya dapat dilaksanakan.


"Ini adalah awal kegiatan pagelaran atau diseminasi seperti ini. Insya Allah tahun 2024 jika kita dapat dukungan kemendikbud melalui dana indonesiana, kita akan selenggarakan kegiatan yang jauh lebih besar,"teranya.


Ia berharap pergelaran dan diseminasi permainan rakyat dan olahraga tradisional terus digaungkan kembali kepada masyarakat khususnya terhadap generasi muda. Mengingat olahraga tradisional seperti "Ntumbu Tuta" sudah jarang diadakan, hanya dibeberapa wilayah yang masih melestarikannya di Bima. 


"Muda-mudahan kita diberikan umur panjang agar tahun depan bisa dilaksanakan kembali di Desa Kananta untuk melestarikan olahraga tradisional sebagai budaya bangsa yang diwariskan nenek moyang sekaligus memperkenalkan wisata budaya Situs Wadu Pa'a Desa Kananta,"pungkas Dr. Khairul Amar. 


Sementara kepala desa kananta, Aidin Abdullah, S.Pdi mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana yang telah menyelenggarakan kegiatan Pergelaran dan Diseminasi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional di Wisata Budaya Situs Wadu Pa'a atau batu yang dipahat di Desa Kananta.


"Dengan inovasi ini tidak terlepas dari visi dan misi kita. Yaitu Demokritis, Inovasi, Nasionalis, Agamais, Mandiri, Ikhlas dan Iman,"jelasnya.


Situs Wadu pa'a dijelaskannya, adalah sebuah sejarah yang sangat lama dan tua di kabupaten Bima bukan hanya di Desa kananta. Namun selamat ini hanya di kenal namanya, tetapi tidak pernah ditelusuri dari mana dan dimana Wadu Pa'a. 


"Selamat ini kita hanya mengenal namanya, namun tidak pernah menelusuri Wadu Pa'a ini dari mana dan dimana. Sehingga melalui kegiatan ini saya secara pribadi dan pemerintah Desa mengucapkan terimakasih karena telah membuka lagi ruang untuk memperkenalkan wadu pa'a,"terang Kades. 


*TI-02*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Permainan Rakyat & Olahraga Tradisional "Ntumbu Tuta" Sukses Digelar di Wisata Budaya Desa Kananta

Terkini

Iklan