Iklan


Iklan

RBC, Gagasan Gemilang Polres Dompu Yang Ngaku Millenial, Ayok Bergabung

Editor
12/16/22, 12:34 WIB Last Updated 2022-12-16T04:34:18Z



DOMPU, TAROAINFO.com - Untuk menekan tindak kriminalitas yang marak terjadi khususnya di kalangan remaja, Polres Dompu tak henti-hentinya menghadirkan gagasan serta menciptakan terobosan, bahkan kerap kali menggelar berbagai macam kegiatan baik secara internal maupun di ruang lingkup eksternal.



Kali ini, gagasan kolaboratif dari Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., melalui Anggota Satlantas, Ipda La Ode Muhammad Syahrul dan Aiptu Suwarli dari Bagian Operasional Polres, patut diacungi jempol.



"Kami mencoba membuat terobosan yakni mendirikan Remaja Bhayangkara Club atau disingkat RBC untuk kalangan remaja Usia Produktif," ungkap Suwarli saat debut bersama para remaja angkatan pertama RBC pada Rabu (15/12/2022) sekira pukul 15.30 Wita.



Dikemukakannya, Kapolres menyambut gembira terobosan ini, sebab ia sendiri mengaku rindu berbaur bersama para millenial, apalagi forum yang dimaksud menggagas kegiatan-kegiatan positif.



"Sesuai arahan beliau (baca: Kapolres) bahwa ini semua bentuk upaya anggota Polri guna membangun dan membina hubungan harmonis, serta bagaimana mendekatkan anggota terhadap semua kalangan masyarakat tak terkecuali anak muda," tuturnya saat dikonfirmasi sela kegiatan berlangsung.



Sebab, lanjutnya, keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Dompu harus dibangun dan dihadirkan sejak dini, termasuk pada generasi muda, karenanya secara teratur citra serta tingkat kepercayaan publik terhadap Polri bisa lebih baik.



"Besar harapan kami dengan terbentuknya RBC ini dapat pula menekan tingkat kejahatan di kalangan anak-anak di bawah umur bahkan di kalangan remaja usia produktif," tandas Suwarli.



Selain itu, jelasnya, lewat wadah ini adik-adik millenial mendapat kesempatan untuk menyalurkan bakat dan minat dan memberikan motivasi kepada anak-anak ataupun adik-adik untuk berprestasi di bidang olahraga salah satu contoh olah raga bola volly.  



"Kami ingin mental dan fisik adik-adik yang sudah tergabung di sini bisa melatih sportivitas dan kematangan dalam berkompetisi," imbuhnya.



Pada pelaksanaannya, beberapa kegiatan baik yang sudah terlaksana maupun yang tengah dirancang antara lain kegiatan Pembinaan Kedisiplinan, Pembinaan fisik, Latihan baris berbaris, Latihan Renang, Teknik permainan Bola Volly dan masih banyak lagi.



"Untuk pelaksanaan latihan, dijadwalkan seminggu 3 kali, Senin, Rabu dan Jum'at, bisa juga di hari-hari libur," jelas Suwarli.



Menyangkut tempat, sambungnya, tergantung jenis kegiatan, beberapa tempat yang dapat dipilih antara lain di halaman Mako Polres, lapangan GOR Dompu, atau di arena-arena olahraga yang tersedia. 



"Soal tempat, tentatif saja, bisa di kolam renang, bisa di pantai dan kadang di lapangan bola volly tergantung situasi dan kondisi," terangnya.



Suwarli mengaku, untuk saat ini jumlah anak-anak muda millenial yang telah terdaftar sudah mencapai 65 orang putra dan putri dengan rasio usia mulai umur 12 tahun sampai 17 tahun atau setingkat pelajar SMP dan SMA.



"Ayok, yang ngaku Millenial, mari bergabung bersama kami," ajak Suwarli penuh semangat.



Sementara itu, salah satu peserta yang telah tergabung dalam Korps Remaja Bhayangkara Club bernama Aisyah (13) Putri Bungsu Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, asal Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, mengaku senang dan merasa antusias apalagi kegiatan ini bareng anggota Polri.



Menurut Aisyah, lewat wadah ini, ia bisa menambah pengalaman, memperbanyak teman pergaulan dari berbagai desa dan kelurahan bahkan yang paling utama, secara tidak langsung ia ikut berpartisipasi mengkampanyekan "Generasi Millenial, Generasi Emas, Generasi Tanpa Kenakalan, Bebas Narkoba dan Psikotropika".



"Senang sekali bisa bergabung, bisa belajar dan berlatih di RBC bareng Pak Polisi," ujar Aisyah.



Terpisah, Kapolres Dompu, Iwan Hidayat, AKBP., S.I.K., meminta pada jajaran penggagas Korps RBC ini, dengan harapan dapat menjaring seluruh komponen remaja dan anak-anak muda millenial tanpa memandang status, suku, agama, ras, atau golongan manapun.



"Hal ini perlu disosialisasikan lebih lanjut lagi, dibuka seluas-luasnya agar adik-adik dari berbagai latar belakang bisa ikut berpartisipasi," ajak Kapolres.



*RED*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RBC, Gagasan Gemilang Polres Dompu Yang Ngaku Millenial, Ayok Bergabung

Terkini

Topik Populer

Iklan