Iklan

Iklan

Walikota HML Tanam Ribuan Bibit Kelapa Genjah Dukung Mitigasi Banjir Kota Bima

Editor
12/26/22, 21:40 WIB Last Updated 2022-12-26T15:47:07Z



KOTA BIMA, TAROAINFO.com - Pemerintah Kota Bima dibawah kendali Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) melalui Dinas Pertanian Kota Bima memiliki program Unggulan mengembalikan fungsi hutan dan Gunung di Kota Bima yang puluhan tahun rusak akibat pembabatan hutan secara liar.



Puluhan tahun lamanya hutan dan Gunung di Kota Bima terabaikan sehingga saat musim hujan dipastikan Kota Bima banjir bandang.



Setelah sekian puluh tahun hutan dan gunung terabaikan, di era Walikota H. Muhammad Lutfi, SE (HML) “step by step” dilakukan upaya pengembalian fungsi hutan dan gunung tersebut.



Mulai dari penanaman kembali pohon-pohon penyangga hingga pengaturan arus aliran air gunung yang membawa bencana bagi warga Kota Bima.



Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) yang dikonfirmasi Media Online Bimantika Senin 26 Desember 2022 via WhatsApp menyebutkan bahwa Pemkot Bima terus berupaya keras dalam mengatasi soal banjir bandang dari gunung tersebut.



“Pemkot Bima tanpa henti berikhtiar terus menerus memikirkan pengendalian banjir Dengan berbagai pola dan cara yang membuat warga Kota Bima merasa aman dan nyaman” ujar Walikota HML saat di wawancara Media Taroainfo.




Pada Media Taroainfo, Walikota HML menjelaskan bahwa Tidaklah mudah sebalik membalikkan telapak tangan menangani hutan dan gunung yang bertahun-tahun lamanya di rambah, tentu butuh waktu pemulihannya, dan kini Pemkot Bima melakukan langkah-langkah pemulihan tersebut.



“Tangani hutan dan gunung yang puluhan tahun rusak itu bukan perkara mudah, melainkan butuh kesabaran kita semua dalam melakukan pemulihan akibat kerusakannya tersebut” ujar Walikota HML.



Dampak dari kerusakan Hutan dan Gunung itulah menurut Walikota HML saat ini Pemkot Bima melakukan upaya pemulihan baik jangka pendek dan jangka panjang



“Drainase dari arah pegunungan akan kita perbaiki dalam tahun 2023 ini secara bertahap, walaupun demikian, upaya penghijauan Hutan Gunung sudah dua tahun kita galakkan dan akan kita galakkan di Tahun 2023 ini dengan menanam sejumlah Pohon Kelapa genjah” Ujar Walikota HML pada Wartawan Media Taroainfo.



Lanjut Walikota HML dalam Minggu ini, Upaya pendistribusian bibit kelapa genjah kepada para petani melalui Dinas Pertanian Kota Bima akan dilakukan.



Menurut Walikota HML langkah pemulihan kembali hutan dan Gunung dengan menanam bibit kelapa genjah adalah langkah jangka panjang yang tentunya dampaknya puluhan tahun kedepan baru dirasakan.



“Selain perbaikan Drainase Pegunungan, Drainase Perkotaan, itu adalah langkah jangka pendek, namun jangka panjangnya adalah penanaman Bibit Kelapa Genjah ini juga program unggulan Pemkot Bima dalam mengatasi masalah banjir” ujar Walikota HML.




Mantan Anggota DPR RI Dua Periode ini menjelaskan juga bahwa kelapa genjah ini selain produksi nya menjanjikan juga bisa untuk mitigasi lahan dataran tinggi dan kedepan kalau ditata yang apik penanamannya bisa juga untuk mendukung destinasi sektor pariwisata.



Kepala Dinas Pertanian Sulistiyanto, S.Pt pada Media Bimantika saat diwawancara Senin 26 Desember 2022 menyebutkan Pemkot Bima Tahun 2022 ini sejumlah 2500 bibit kelapa genjah ditanam. bidang perkebunan Dinas Pertanian Kota Bima sudah menyebarkan sejumlah bibit kelapa tersebut.



“Tahun 2022 ini dilakukan penanaman 2500 bibit kepala genjah, dan Rencana program setiap tahun akan dikembangkan bibit kelapa 2500 -3000 bibit kelapa genjah” Demikian ujar Kadis Pertanian Kota Bima saat di wawancara Media Online Taroainfo.



Menurutnya persiapan penanaman ribuan pohon kelapa genjah adalah program unggulan Walikota Bima HM Lutfi, SE.



“Kami selalu diarahkan untuk bersinergi bagaimana program di Dinas Pertanian ikut andil dalam soal mitigasi banjir di Kota Bima” ujarnya.



Ia menyebutkan bahwa pendistribusian bibit kelapa genjah kepada para petani di bulan Desember ini sudah dilaksanakannya



“Alhamdulillah dengan setelah keluar label dan sertifikasi dari Balai sertifikasi Propinsi NTB, bibit bisa didistribusikan ke petani atau kelompok tani” ujar Kadis Pertanian.



Kadis Pertanian menambahkan bahwa Ini juga program unggulan Bapak Walikota Bima H. Muhammad Lutfi karena selain produksi nya menjanjikan juga bisa untuk mitigasi lahan dataran tinggi menanggulangi banjir.



“Dan kedepan kalau ditata yang apik penanamannya bisa juga untuk mendukung destinasi sektor pariwisata di Kota Bima” Demikian ujar Kadis Pertanian.



Lanjut Kadis Pertanian mengakhiri wawancaranya Insya Allah tahun depan ada pengadaan bibit lagi. 



*RED*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Walikota HML Tanam Ribuan Bibit Kelapa Genjah Dukung Mitigasi Banjir Kota Bima

Terkini

Topik Populer

Iklan