Iklan


Iklan

Pengabdian Kepada Masyarakat Pengrajin Tenun di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima

Editor
8/14/22, 11:27 WIB Last Updated 2022-08-14T03:27:50Z

 

Pengabdian Kepada Masyarakat Pengrajin Tenun di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima, Oleh Dosen STKIP Bima



Oleh Dosen STKIP Bima


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, dimana salahsatunya merupakan pengabdian kepada masyarakat sehingga ilmu, teori dan hasil-hasil penelitian dosen di perguruan tinggi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pengrajin tenun di Kelurahan Rabadompu Timur kali ini berupa pendampingan diversifikasi produk tenun berbasis nano teknologi dan digital marketing.
Kegiatan ini diselenggarakan dengan dukungan dana oleh Kemen Ristek Dikti, karena kegiatan ini termasuk dalam proposal kegitan yang lulus didanai.
Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Agrippina Wiraningtyas, M.Sc yang merupakan dosen prodi pendidikan Kimia STKIP Bima yang beranggotakan Dr. Syarifuddin, S.Pd, M.Pd dosen pendidikan matematika serta Wahyuni, S.Pd., ME dosen program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Kegiatan ini dilaksanakan dan diikuti oleh kurang lebih 25 pengrajin tenun yang merupakan anggota dari kelompok KOPWAN “Nari-Nari”
Pelaksanaan pengabdian pada hari pertama diawali dengan sosialisasi kegiatan serta pengarahan, karena masih banyak anggota pengrajin tenun yang belum paham tentang tujuan kegiatan ini. Agrippina juga menjelaskan tentang teknologi nano dan manfaatnya yang dapat membuat produk tenun menjadi bersifat antibakteri dan self cleaning. Serta dilanjutkan dengan pembuatan produk-produk diversifikasi dari kain tenun Bima, berupa pasmina, masker dan kipas tenun.
Setelah produk-produkdiversifikasi tersebut selesai dibuat, kemudian produk tersebut diaplikasikan dengan bahan nano partikel yang telah dibuat sebelumnya oleh dosen dan mahasiswa STKIP Bima. Sehingga hasil akhirnya produk diversifikasi tenun yang berupa Pasmina, kipas dan masker tenun tersebut menjadi produk yang memiliki kelebihan dari produk tenun serupa, karena bersifat antibakteri dan self cleaning dan ketahanannya tergantung dari cara pemakaiannya.
Pada kegiatan selanjutnya dilakukan seminar dan pelatihan digital marketing yang diisi oleh Wahyuni, S.Pd., ME. Wahyuni menjelaskan tentang berbagai strategi pemasalan online dari mulai Content Marketing sampai dengan Personalized Marketing. Beliau juga memberi pelatihan tentang teknik marketing online dan tips strategi marketing online ala millenial.
Kegiatan ini merupakan kegiatan kali sekian yang pernah dilaksanakan pihak STKIP Bima dengan KOPWAN Nari-Nari, karena Kopwan Nari-Nari merupakan mitra UKM yang bekerja sama STKIP Bima baik dalam kegiatan akademik, penelitian maupun pengamdian masyarakat, seperti kegiatan kali ini. Agrippina selaku ketua kegiatan pengabdian ini mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat membawa dampak positif, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi para pengrajin tenun khususnya anggota Kopwan Nari-Nari.


****

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengabdian Kepada Masyarakat Pengrajin Tenun di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima

Terkini

Topik Populer

Iklan