Iklan


Iklan

Delapan Atraksi Seni Meriahkan Event Teka Tambora 2022

Editor
5/29/22, 00:27 WIB Last Updated 2022-05-28T16:27:22Z


BIMA, TAROAINFO.com - Setelah sebelumnya dilakukan pelepasan  secara resmi oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE yang didampingi Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan,  Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Ketua DPRD Kabupaten Bima M. Putera Ferrryandi, S.IP, FORKOMPIMDA kabupaten Bima, Kepala Dinas  Pariwisata Kabupaten Bima dan sejumlah undangan lainnya  di halaman Kantor Bupati Bima, setelah menempuh perjalanan tiga jam lebih perjalanan, rombongan peserta rally wisata Tambora tiba dan disambut dengan sejumlah tarian  dan rangkaian acara  Jumat malam (27/5) di  lokasi kegiatan Camping Ground Obyek Wisata Oi Tampuro.


Rombongan disambut penampilan Tarian Wunga Bongi Monca oleh siswi SMAN 1 Sanggar yang dilanjutkan dengan Sambutan  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Aris Munandar ST, MT dan Dandim 1608/Bima Letkol (Inf) Muhammad Zia Ulhaq, Asisten III Setda Drs. H.Arifudin yang juga mantan camat setempat, Camat Sanggar dan para Pejabat teras lingkup Pemerintah kabupaten Bima. 


"Teka Tambora tahun ini menjadi momentum yang baik untuk membangkitkan sektor pariwisata daerah karena tahun ini event tersebut masuk kalender nasional Tahun 2022. Dinas Pariwisata Kabupaten Bima memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan jalur Piong sebagai jalur pendakian yang unik. Ini satu-satunya jalur pendakian yang ada di Indonesia  yang bisa memadukan dua moda transportasi, yaitu moda transportasi kendaraan bermotor, baik roda empat maupun dua dan menggabungkannya dengan tracking pendakian manual jalan kaki. Di kawasan  ini  juga mulai diperkenalkan sport tourism di mana konteks kearifan lokal dan seni budaya lokal tetap menjadi inti (core) kalender event". Terang Aris. 


Setelah dilakukan Penyerahan Surat Keputusan Kelompok Sadar Wisata  (SK Pokdarwis) secara simbolis, peserta dan tamu undangan disuguhi hiburan bernuansa senin/budaya Hadrah dari Sanggar Seni Gunung Tambora, Tari Loja Ngengge dari SMAN 3 Sanggar dan Tari Inde Ndue dari SMAN 1 Sanggar. Atraksi seni  menarik lainnya yang ditampilkan malam itu Tari Dae La Mina dari Desa Piong, Atraksi Kareku Kandei dari Desa Boro, Tarian Putri La Hila dari SMAN 1 Soromandi, Pertunjukan Seni Bela Diri Silat dari Perguruan Silat Bintang Timur dan Tarian Kontemporer dari Sanggar Desa Kiwu, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.


"Selama tiga hari, beragam kegiatan berlangsung antara lain Educamp,  Aksi sadar wisata, Workshop, Pentas seni, Pameran fotografi, Pameran ekonomi kreatif (ekraf), Pelatihan ekonomi kreatif dan pemutaran film dokumenter". Tandasnya.


*RED*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Delapan Atraksi Seni Meriahkan Event Teka Tambora 2022

Terkini

Topik Populer

Iklan