Iklan


Iklan

Krisis Identitas Nasional Di Kalangan Masyarakat

Editor
1/12/22, 11:53 WIB Last Updated 2022-01-12T03:53:00Z
Nadira alzzahra.


Identitas nasional berasal dari kata identity yang artinya ciri dan jati diri yang melekat pada suatu individu atau kelompok masyarakat. Dan kata nation yang memiliki arti bahasa atau kelompok, Bangsa dapat di artikan masyarakat yang menduduki suatu daerah dan tunduk terhadap negaranya dan memiliki makna negara sebagai satu kesatuan yang utuh.


Identitas nasional merupakan pandangan atau jati diri dari suatu bangsa  yang dapat membedakan ciri khasnya dengan bangsa lain, karena ciri khas suatu bangsa terletak pada konsep banggsa itu sendiri. nilai-nilai budaya yang memiliki perkembangan dalam segi kehidupan dengan suatu unsur ciri khas untuk menjadikan berbeda dengan bangsa lainnya.


Identitas bangsa indonesia tercipta dari perpaduan nilai budaya dan kehidupan masyarakat di setiap daerah sehingga menjadi acuan tingkah laku sebagian besar anggota masyarakat. Nilai-nilai budaya tersebut kemudian di satukan yang nantinya akan membentuk identitas bangsa indonesia.


Bentuk identitas nasional yang dimiliki bangsa indonesia yakni bangsa indonesia sebagai bangsa persatuan, berdasarkan merah putih sebagai bendera negara, lagu indonesia yara sebagai lagu kebangsaan, garuda pancasila sebagai lambang negara, bhineka tunggal ika sebagai semboyan negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, pancasila sebagai falsafat bangsa, hukum dasar serta pandangan hidup. Serta konsepsi wawasan nusantara.


Masalah dan krisis identitas nasional pada masyarakat terjadi ketika suatu warga komunitas tidak mampu lagi untuk secara bersama-sama melakukan liberasi (musyawarah) guna megidentifikasi hal-hal yang mengikat mererka kedalam suatu kelompok sosial.


Permasalah yang di hadapi saat ini adalah hilangnya jati diri bangsa akibat globalisasi dan kurangnya kesadaran masyarakat sekarang. Fenomena sosial menunjukan bahwa saat ini kegiatan seperti gotong royong, kesopan santunan, musyawarah mufakat, dan tolong menolong semakin hilang dikalangan masyarakat saat ini. Gejala disintegrasi bangsa juga mulai tampak akibat kurangnya rasa saling menghargai antara sesama dalam hal ini dapat menyebabkan bergeseknya pola pikir setiap masyarakat.


Maka dari itu peran dan konstribusi masyarakat sangat dibutuhkan dalam mempertahankan identitas nasional. Identitas nasional juga meliputi geografis, sumber kekayaan indonesia, agama, budaya, politik, dll.


Menghadapi krisis identitas nasional sendiri masih kesulitan dalam menyatukan perbedaan yang memiliki berbagai etnis, budaya, dan agama. Masyarakat sendiri masih bingung dengan identitas bangsanya karena sebagian masyarakat sudah terpengaruh dengan budaya-budaya asing.Sehingga dapat disilpulan bahwa identitas nasional mengalami kemerosotan dari nilai-nilainya akibat pengaruh dari budaya asing yang masuk keindonesia.


Penyebab terjadinya krisis identitas nasional pada masyarakat adalah kurangnya rasa cinta terhadap tanah air, di berbagai daerah dan sebagian masyarakat mungkin kesulitan memahami dan mengembangkan sikap cinta terhadap tanah air, hal ini dapat memicu terjadinya krisis identitas di karenakan akan menimbulkan menurunnya rasa solidaritas sesama masyarakat dalam membangun negara.


Opini ditulis oleh Nadira alzzahra, selaku Mahasiswa Semester 1 Prodi Pendidikan guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhamadiah Malang (UMM).





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Krisis Identitas Nasional Di Kalangan Masyarakat

Terkini

Topik Populer

Iklan