Iklan

Iklan

Masyarakat Kurang Mampu di NTT Akan Dapat Bantuan Hukum Gratis

Editor
7/29/21, 03:25 WIB Last Updated 2021-07-28T19:29:29Z


Kota Kupang,Taroainfo.com - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT rencananya akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kurang mampu dengan membuka layanan bantuan hukum gratis selama 24 Jam setiap harinya.


Hal itu disampaikan langsung oleh pendiri dan pengawas LBH terpopuler di NTT tersebut, Herry FF Battileo, SH, MH, Pada Rabu (28/07/2021).


Herry Sapaan akrabnya, yang juga merupakan Advokat Kondang di Kota Kupang ini, kepada awak media menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali masyarakat yang datang dengan berbagai persoalan hukum, sehingga LBH saat ini dinilainya perlu untuk meningkatkan pelayanan.



"Saat ini sudah cukup banyak masyarakat setiap harinya yang selalu datang dengan membawa berbagai macam persoalan, sehingga perlu sekali untuk LBH ini meningkatkan durasi pelayanan,"Ujar Advokat yang juga Ketua Organisasi kaliber Media Online Indonesia (MOI) Provinsi NTT tersebut.


Dirinya mencontohkan bahwa sering terjadi kasus kekerasan yang terjadi di malam hari maupun dini hari, mulai dari penganiayaan, pengeroyokan hingga KDRT, akan tetapi korban tanpa pendampingan terpaksa harus sendirian membuat laporan polisi,


"Korban yang dalam keadaan terdesak sudah pasti kebingungan untuk mencari kuasa hukum dalam melakukan pendampingan saat hendak membuat laporan polisi,"Imbuhnya lagi.


Masih menurut Herry Battileo, berdasarkan pengalaman dan fakta kejadian yang selama ini terjadi itulah dirinya melakukan terobosan agar pelayanan hukum kepada masyarakat kurang mampu dapat maksimal.


"Sering kali korban berjalan sendiri untuk membuat laporan polisi, lalu kemudian baru keesokan harinya mereka datang kepada kami,"Beber Tokoh revolusi pers modern Provinsi NTT tersebut.



Herry juga menambahkan bahwa LBH Surya NTT nantinya juga akan menggandeng DPW MOI Provinsi NTT untuk mendorong upaya-upaya serta langkah hukum yang diambil terhadap persoalan yang dihadapi oleh rakyat kecil pencari keadilan.



"Kita pasti akan gandeng (Media Online Indonesia (MOI) sehingga ada juga dari pers yang melakukan fungsi kontrol untuk  mengawal setiap proses hukum yang sedang kita tangani sampai selesai,"Jelas Aktor yang juga pemeran utama di Film Fighter For Justice itu.



Sementara itu, Andre Lado selaku Sekretaris DPW MOI Provinsi NTT, yang saat ini sedang berada di Surabaya, Jawa Timur, saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan selulernya mengatakan MOI siap memberikan dukungan,


"Kami dari DPW MOI Provinsi NTT siap memberikan dukungan terhadap pelayanan hukum gratis yang diberikan LBH Surya NTT. Ini sifatnya kemanusiaan dan sangat layak untuk kita bantu,"Ungkapnya.


*TAROA-01*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masyarakat Kurang Mampu di NTT Akan Dapat Bantuan Hukum Gratis

Terkini

Topik Populer

Iklan