Iklan

Iklan

Gagal Ginjal Selama 1 Tahun, Kakek Hima Tak Bisa Berobat Karena Biaya

Editor
2/20/21, 13:34 WIB Last Updated 2021-02-20T07:45:05Z

Inilah kondisi yang dialami Kakek dengan pembengkakan seluruh badan hanya bisa berbaring lemah.



Kabupaten Bima,TaroaInfo.Com-Kakek Abdurahman Murtala (60) Warga desa Runggu, Kecematan Belo Kabupaten Bima alias Hima Runggu, pria ini di diagnosa penyakit gagal ginjal sejak tahun 2020 Januari lalu.


Karena keterbatasan biaya (miskin), Ia hanya dirawat dirumahnya tanpa pendamping tenaga medis, lantaran tak punya biaya berobat.


Kondisi kakek ini cukup memprihatinkan, semakin hari penyakit yang dideritahnya semakin parah, Mirisnya, selama satu tahun menderita gagal ginjal, Hima belum perhan dibawa ke dokter untuk lanjut berobat, sehingga membuat kondisinya memburuk.


"Awalnya kakek merasa sakit pinggang terasa remuk,semua terasa bengkak bahkan perut membusung,"jelas adik kandungnya Sarinah dirumahnya Sabtu (20/01/21).


Petani serabutan ini, dulunya bekerja di Kecematan Hu,u Kabupaten Dompu sejak tahun 1991 sebagai tenaga serabutan penjaga kebun, milik salah satu Bule, Lantaran penyakit dialaminya semakin besar, dirinya pulang ke kampung halaman desa Runggu dibantu adiknya.


Dijelaskan kerabatnya, awalnya Hima waktu tinggal di kediaman Bos nya di Kecematan Hu,u tidak sengaja meminum air yang berada dalam gentongan yang ternyata didalam itu terdapat sisa solar,karena merasa kehausan berat dia langsung meminum tanpa dirasa disitulah awal mulanya penyakit datang urai Sarinah.


Tinggl jauh dari kawasan kampung membuat semua terbatas, sehingga tanpa sengaja meminum air tersebut membuat kondisinya miris, menjadi beban penyakit dialaminya.


Hidup tanpa memiliki istri menjadi beban baginya hingga saat ini dirinya tidak memiliki BPJS, lantaran keuangan dimilikinya tidak mencukupi untuk kehidupan sehari hari.


"Yang lebih parahnya lagi,kondisinya sangat memprihatikan,alat kelaminnya membengkak,dan seluruh bagian kaki dan tangan tak kuasa berjalan sebagaimana mestinya,"jelasnya.


Dirinya berharap,agar Pemerintah desa, Kecematan Hingga daerah untuk bisa membantu kondisinya yang sangat memprihatikan,kepada dermawan agar bisa meringankan beban kondisinya saat ini memang dalam keadaan begitu parah.


Sebagai informasi,saat ini Kakek Hima tidak memiliki anak dan istri saat ini korban hanya dibantu sanak keluarganya, keterbatasan biaya menjadi beban untuk mengobati penyakitnya.(TR-RED)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gagal Ginjal Selama 1 Tahun, Kakek Hima Tak Bisa Berobat Karena Biaya

Terkini

Topik Populer

Iklan