Iklan

Iklan

Satgas TMMD 109 Sumbawa, Buka Akses Transportasi Bantu TingkatkanKesejahteraan Petani

Editor
10/14/20, 11:42 WIB Last Updated 2020-10-14T03:42:56Z
Sumbawa, TaroaInfo.Com – Dalam upaya meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat khususnya para petani, Satgas TMMD Ke 109 tahun 2020 Kodim 1607/Sumbawa membuka akses transportasi dengan membantu membuat jalan usaha tani (JUT) dari desa Jotang menuju dusun Satowe Berang desa Empang Atas, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa.

Satgas TMMD bersama warga saat ini telah melaksanakan pengerjaan pembangunan jalan usaha tani (JUT) di Desa Jotang, Kecamatan Empang telah mencapai 65% hasil pekerjaan dari rencana sepanjang 1100 meter dan lebar 4 meter akan diselesaikan oleh Satgas TMMD 109 untuk membantu kepentingan masyarakat dan saat ini jalan telah digarap setengah dari jumlah pekerjaan agar lebih maksimal juga dengan menggunakan alat berat. Selasa (13/10/2020).

Tentunya sesuai harapan masyarakat agar jalan ini nantinya menjadi akses serta memberikan nilai  manfaat khususnya pada saat pengangkutan hasil panen akan lebih efektif serta efisien bernilai ekonomis dengan sendirinya dapat membantu peningkatan hasil pertanian serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani setempat.

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) selaku Dansatgas TMMD ke 109 di sela sela kesibukannya mengungkapkan, jalan usaha tani (JUT) merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, maupun lokasi pemasaran.

“Keberadaan JUT ini sangat penting dalam upaya memberdayakan perekonomian masyarakat, sehingga dalam TMMD Ke 109  Kodim 1607/Sumbawa, menjadi salah satu obyek sasaran fisik,” ungkap Dansatgas TMMD 109 Sumbawa.

Lanjut Dansatgas, keberadaan JUT ini, lebih memudahkan mobilitas Alsintan, pupuk maupun hasil produksi pertanian, sehingga para petani lebih termotivasi dalam meningkatkan kapasitas produksi pangan di wilayah, khususnya desa Jotang menuju dusun Satowe Berang desa Empang Atas, Kecamatan Empang.

“Harapan baru bagi masyarakat desa Jotang telah ada di depan mata dengan dibangunya Jalan Usaha Tani, karena akan membantu masyarakat untuk  bersemangat dalam bekerja dan berkarya demi kesejahteraan serta perkembangan secara perekonomian,” terang Dansatgas

Dansatgas juga berharap, setelah selesainya program TMMD ini, warga desa dapat terus menjaga dan merawat hasil pekerjaan mereka sehingga nantinya dapat lebih awet penggunaannya. (DG14).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satgas TMMD 109 Sumbawa, Buka Akses Transportasi Bantu TingkatkanKesejahteraan Petani

Terkini

Topik Populer

Iklan