Iklan


Iklan

Gerakan Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Masyarakat Adat, BPAN Bima Serahkan Ternak

Editor
10/24/20, 13:35 WIB Last Updated 2020-10-24T05:37:15Z
BIMA,Taroainfo.com - Dalam rangka mempersiapkan ketersediaan pangan bagi masyarakat Adat untuk hidup yang berkelanjutan dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Barisan Pemuda Adat Adat Nusantara (BPAN) Bima menfasilitasi pembentukan Kelompok usaha tani ternak didua Komunitas adat anggota AMAN, yakni Komunitas Adat Sanggar dan Komunitas Donggo Ele dengan melibatkan Pemuda pemudi adat.

Dikatakan, untuk memanfaatkan Wilayah Adat untuk menanam Sayur Sayuran,Ternak Bebek, Bawang Putih dan Produksi Kopi dan Madu Dengan sistem yang berkelanjutan.

Gerakan kedaulatan Pangan ini dilakukan dengan cara mandiri sesuai potensi dan sumber daya dan budaya Masyarakat.

Sesuai kondisi Wilayah adat, nilai norma adat dan pengetahuan juga masyarakat Adat," demikian kata Ketua BPAN Bima Ade Mbojo melalui via WhatsApp, Sabtu (24/10/20).

Kata dia, gerakan kedaulatan pangan berdasarkan maklumat edaran KMAN V, Maret 2017 yang berisi bagian dari gerakan kemandirian masyarakat adat dalam ekonomi kreatif.

"Cita cita besar saya sebagai Kader penggerak AMAN bagaimana kelompok yang dibentuk ini dapat mewujudkan kemandirian secara ekonomi serta mempunyai ketahanan yang kuat menghadapi bencana yang terjadi saat ini termasuk pandemi Covid-19 harus diantisipasi,"ujar Ade.

Dijelaskannya, membentuk badan usaha milik masyarakat adat (BUMMA) dan Koperasi sebagai Aktor Ekonomi yang penting dimasa depan adalah tujuan kami untuk kemandirian masyarakat,"tutupnya.(MR-01).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gerakan Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Masyarakat Adat, BPAN Bima Serahkan Ternak

Terkini

Topik Populer

Iklan