Iklan


Iklan

Road Show di Madapangga, Forsekdesi Bima Perkuat Kelembagaan

Editor
8/30/20, 18:51 WIB Last Updated 2020-08-30T10:51:25Z
Bima,TaroaInfo.Com- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forsekdesi Kabupaten Bima Mendatangi langsung Sekretaris Desa ditiap Kecamatan dikabupaten Bima, dinilai efektif untuk memperkuat dan berkembangnya organisasi. disamping itu agar mempererat ukhuwah islamiyah diantara Sekretaris Desa se Kabupaten Bima, Sabtu (29/8/2020).

Menjadi tuan rumah pada kegiatan tersebut adalah gabungan forum Sekdes Kecamatan Bolo dan Kecamatan Madapangga yang dipusatkan ditaman Wisata di Desa Ndano.

Sekdes Rabakodo Dinas selaku Sekretaris DPD Forsekdesi Kabupaten Bima,  memandu acara dalam kesempatan itu menjelaskan, Fokus pembahasan pada pertemuan antara lain penguatan kelembagaan, evaluasi/follow up perkembangan gugatan PTUN Mataram, dan isu pilkada kabupaten Bima yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. 

Hal tersebut secara umum dijelaskan oleh Ketua Forum DPD Forsekdesi Kabupaten Bima Arifin, S.Sos "Pertama yang dibahas soal tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi) Sekretaris Desa dalam menjalankan tugas sebagai kepala Administrai didesa masing-masing, sehingga perlu dilakukan penguatan kapasitas dengan menggelar pelatihan bersama baik Aplikasi sistem keuangan Desa (siskeudes) maupun pelatihan lainnya.

Kedua, progres rekan-rekan yang sedang berproses gugatan di PTUN Mataram, alhamdulillah berjalan dengan baik, sehingga perlu kekompakan dari rekan sekdes se Kabupaten Bima untuk tetap mensupport baik secara moril maupun materil.

Ketiga lanjutnya, yakni jelang pilkada kabupaten bima."Saat ini kita dihadapkan pada pesta demokrasi pemilhan kepala daerah (pilkada), situasi yang cukup sensitif sehingga diharapkan seluruh Sekdes se Kabupaten Bima untuk menahan diri tidak terlibat dalam politik praktis. karena sekdes merupakan perangkat desa (ASN) yang dilarang undang-undang pemilu untuk terlibat aktif dalam mendukung dan atau mengkampanyekan salah satu Calon tertentu,"Uraian Sekretaris Desa Sangga Lambu ini. 

Forum Sekretaris Desa Indonesia (Forsekdesi) diakuinya bukan organisasi masa melainkan organisasi profesi. Meski tidak diperbolehkan berpolitik praktis, sebanyak 191 Sekretaris Desa se Kabupaten Bima diharapkan menggunakan hak pilihnya, dengan bijak pada 9 Desember 2020 mendatang yang bisa memperjuangkan kesejahteraan rakyat umumnya dan memperhatikan Perangkat Desa khususnya mengenai tanah eks jaminan,"tegasnya. 

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPD Forsekdesi Kabupaten Bima, Junaidin menekankan pentingnya kebersamaan dan solidaritas. Secara geografis Kabupaten Bima cukup luas dan letak Desa cukup berjauhan, saya berharap koordinator dimasing-masing Kecamatan agar lebih aktif lagi merangkul dan bersama-sama meningkatkan solidaritas,"tegas aba jun godong Sekretaris Desa Dadibou Woha.

Ditengah acara juga diskusi tukar pendapat soal masalah atau dinamika yang dihadapi Sekdes dibeberapa Desa, serta pembacaan pertanggungjawaban keuangan (kas) oleh Bendahara Umum DPD Forsekdesi Kabupaten Bima, Imam Mahfud Sekretaris Desa Panda Kecamatan Palibelo.

Usai acara, Rombongan Forsekdesi Kabupaten Bima menuju kediaman Kepala Desa Monggo Kecamatan Madapangga yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai Ketua Forum Kepala Desa (forkades) Kabupaten Bima,"(MR-TIM).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Road Show di Madapangga, Forsekdesi Bima Perkuat Kelembagaan

Terkini

Topik Populer

Iklan